Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Dinas Kebudayaan (Disbud) Tabanan menggelar sosialisasi dan monitoring bantuan keuangan khusus (BKK) terhadap desa pakraman. Kegiatan tersebut dipimpin Kadisbud Tabanan I Wayan Sukadana, di Aula Kantor Camat Pupuan, Kamis (23/2/2017).

Dijelaskan Sukadana, bantuan keuangan khusus dimaksud disalurkan melalui desa dinas dan diberikan desa dinas. Objek sasaran bantuan tersebut kepada desa pakraman, subak, dan subak abian.

“Program yang dijalankan desa pakraman BKK inilah yang digunakan, namun sebelumnya harus dibuatkan SPJ, dan pada akhir tahun dibuatkan pertanggung jawaban,” ungkap Sukadana.

Pada 2017, lanjut dia, BKK tersebut akan diprioritaskan dalam berbagai kegiatan. Antara lain berupa kegiatan lomba desa pakraman, lomba seka teruna, serta pembuatan dan penyempurnaan awig-awig.

Selaku ketua tim, Sikadana minta kepada seluruh bendesa adat agar memanfaatkan dana BKK ini semaksimal mungkin. “Jangan lupa membuat pertanggung jawabannya yang akurat dan tidak menyimpang dari peraturan yang berlaku,” pungkasnya.

Acara sosialisasi BKK tersebut kemudian dilanjutkan dengan tanya-jawab. Acara tersebut juga dihadiri Ketua Majelis Alit Kecamatan Pupuan, I Wayan Nesa Wiswanda, serta para bendesa adat se-Kecamatan Pupuan. (ita/bpn)