Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Selatan Bali, Minggu (12/2/2017). Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi  terjadi pada pukul 12:25:08 WITA.

Gempa bumi dengan kekuatan 5.2 Skala Richter dengan episenter terletak pada koordinat 9.73 LS dan 115.62 BT, pada kedalaman 10 km. Peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi berupa guncangan kuat dirasakan hampir diseluruh wilayah Pulau Bali bagian selatan dengan kekuatan antara III-IV MMI.

Hal ini dikonfirmasi dengan laporan dari masyarakat bahwa gempabumi tersebut dirasakan di Kuta, Nusa Dua, Tabanan, Denpasar II SIG-BMKG (III-IV MMI). Di daerah ini guncangan gempabumi dirasakan kuat oleh banyak orang.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Drs. M. Taufik Gunawan, Dipl SEIS., dalam rilis yang dikutip dari Pusdalops PB Bali menyatajan belum ada laporan kerusakan dan korban jiwa hingga saat ini. Sampai dengan saat ini juga belum terjadi gempa bumi susulan yang tercatat.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Mempersembahkan Kampanye ‘Indosat Berkah Ramadan 2024’

Terkait dengan peristiwa gempa bumi di selatan Pulau Bali yang baru saja terjadi, masyarakat dihimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Khusus masyarakat di pesisir pantai selatan Bali dihimbau agar tidak  terpancing isu karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami. (tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News