BALIPORTALNEWS.COM – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Denpasar (DPMPTSP) sebagai salah satu sub system dalam pelayanan publik dan perijinan di Kota Denpasar menanamkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya perijinan serta sadar administrasi.

Hal ini dituangkan melalui media wayang inovatif “Cenkblonk” yang dirangkaikan dengan semarak memperingati Hut Ke-229 Kota Denpasar, Jumat malam (24/2/2017) di Lapanagan Puputan I Gusti Made Agung.

Pagelaran ini disaksikan langsung oleh Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra, Sekda, A.A.N Rai Iswara didampingi Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar Ny. Kerthi Rai Iswara, Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Denpasar, Camat, Perbekel/Lurah, Bendesa serta ribuan masyarakat Denpasar yang berbaur menjadi satu.

Antusias ribuan warga menyaksikan pagelaran wayang Cenkblonk diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya perijinan dengan misi DPMPTSP memberikan pelayanan yang mudah, murah, cepat, akuntabel dan transparan. Demikian disampaikan Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Made Kusuma Diputra didampingi Sekretaris DPMPTSP, Ratih Purnamasari disela-sela pagelaran wayang Cenkblonk.

Lebih lanjut Kusuma Diputra mengatakan, pementasan wayang Cenkblonk ini sarat pesan, mulai dari pesan moral hingga pendidikan karakter dan tentunya sebagai sarana sosialisasi inovasi pelayanan perijinan yang telah di kembangkan di Kota Denpasar, seperti Sistem Informasi Perijinan Online (SIPON) yang merupakan aplikasi berbasis Informasi Teknologi (IT) dimana memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memperpanjang atau mendaftar ulang usahanya.

Baca Juga :  Baliportalnews.com Raih Penghargaan dari Kanwil DJP Bali

Selain mengembangkan aplikasi berbasis IT untuk mendukung Kota Denpasar sebagai Kota Cerdas (Smart City), juga untuk mempercepat waktu penerbitan perijinan khususnya perijinan yang bersifat administrasi dengan memberikan pelayanan perijinan satu hari jadi atau “One Day Service” .

Menurutnya, selain pelayanan dengan satu pintu DPMPTSP juga memberi pelayanan jemput bola yang menyasar masyarakat secara langsung dengan mobil keliling. Adapula Sistem SMS Gateway yang merupakan sarana penyebarluasan informasi dan pengaduan melalui SMS. Penyiapan berbagai inovasi ataupun program dan kegiatan yang dilaksanakan tentunya tidak akan dilaksanakan dengan baik apabila tidak mendapatkan dukungan ataupun partisipasi masyarakat dan swasta.

“Partisipasi dan dukungan masyarakat maupun swasta sangat diharapkan, tanpa adanya dukungan dan partisipasi tersebut DPMPTSP tidak akan bisa memberikan pelayanan terbaik”, ujarnya.

Selebihnya ia berharap, dengan pelaksanaan kegiatan ini masyarakat dapat memahami arti penting perijinan dan menumbuhkan sadar administrasi dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif di Kota Denpasar.

“Untuk lebih memotivasi kehadiran masyarakat serta masyarakat dapat memahami materi yang disampaikan, penyuluhan pada tahun ini dilaksanakan melalui pagelaran wayang Cenkblonk yang dirangkaikan dengan kegiatan Hut Ke-229 Kota Denpasar,” ujarnya. (eka/humasdps/bpn)