BALIPORTALNEWS.COM – Bupati Badung betul-betul merealisasikan janjinya dalam mendukung kreativitas seni Sekaa teruna dalam membuat ogah-ogoh pada Perayaan Pengerupukan, dan Hari Nyepi tahun 2017 ini.

Bantuan yang diberikan kepada masing-masing Sekaa Teruna se-Badung sebesar Rp 15 juta dipotong pajak. Bahkan Pemkab Badung melalui Dinas Kebudayaan Badung akan melombakan hasil kreatifitas Sekaa Teruna dalam pembuatan ogoh-ogoh. Hal tersebut terungkap saat rapat yang difasilitasi Dinas Kebudayaan Badung yang diikuti sebanyak 533 Sekaa Teruna se-Badung, Senin (23/1/2017) di Wantilan DPRD Badung.

Acara tersebut diisi dengan pengarahan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I B Anom Basma serta Penandatangan SPJ bantuan yang akan dicairkan melalui rekening Sekaa Teruna masing-masing. Turut hadir Majelis Madia Kabupaten Badung I B Anom yang juga selaku Ketua Tim Penilai  dan para tim penilai lomba.

Dihadapan Sekaa Teruna se-Badung, Kadis Kebudayaan Badung I B Anom Basma mengatakan, bahwa bantuan ini diberikan kepada Sekaa Teruna se-Badung yang mengikuti Lomba Ogoh- Ogoh  dalam rangka menyambut perayaan hari raya Nyepi di Kabupaten  Badung yang jatuh bulan Maret tahun 2017. Adapun penilaian akan dilakukan oleh Tim Juri yang menilai ke masing-masing Kecamatan sesuai dengan  nomor urut yang telah diundi.

Baca Juga :  Deklarasi Pengukuhan Relawan Jaya-Wibawa di Puri Satria Denpasar

“Tim ini sudah mulai menilai satu minggu sebelum pengerupukan,” kata IB Bhasma.

Lebih Lanjut dijelaskan, kriteria penilaian yang merupakan hasil rapat Tim Penilai adalah  Ogoh -ogoh yang berbentuk Buta Kala, Keutuhan Karya, Bahan Alami yang Ramah Lingkungan , Tingginya minimal 3 meter dan maksimal 5 meter, dan tidak bermuatan Politik, Tidak Porno dan mengandung SARA.

Juga dinilai mengenai estitika yang meliputi; ekpresi, kehindahan, keserasian dan inovatif. Bagi pemenang akan diberikan hadiah uang, dimana Juara I sebesar 20 juta, Juara II 15 juta dan Juara III sebesar 10 juta belum dipotong pajak.

Kehadiran Perwakilan ST ini adalah untuk menandatangani SPJ dengan membawa perlengkapan berupa stempel dan nomor rekening BPD atas nama Sekaa Teruna agar bantuan bisa ditransfer langsung ke rekening masing-masing Sekaa Teruna.

Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk memupuk tali persaudaraan dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan diantara Sekaa Teruna di kabupaten Badung. (humasbdg/bpn)