BALIPORTALNEWS.COM – Sebanyak 27 mahasiswa Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) Malaysia belajar Biologi di Fakultas Biologi UGM. Selama lima hari, 9-13 Januari 2016 mereka akan mengikuti kegiatan “Organizing General Biology Project”.

Dalam kegiatan itu para mahasiswa UTAR Malaysia akan mengikuti sejumlah kelas perkuliahan. Beberapa diantaranya terkait biologi umum, ekologi dan konservasi, serta bioteknologi. Tidak hanya itu, mereka juga berkesempatan mengunjungi laboratorium-laboratorium yang dimiliki Fakultas Biologi UGM. Nantinya mereka akan menjalani praktikum di laboratorium struktur perkembangan hewan salah satunya mengenai perkembangan embrio.

Selain melakukan diskusi di kelas dan praktek di laboratorium, mereka juga berkesempatan mengenal keanekaragaman hayati Indonesia yang dipamerkan di Museum Biologi UGM dan terdapat di Kebun Biologi UGM. Di akhir kegiatan yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional Fakultas Biologi UGM itu mereka juga akan diajak untuk mengunjungi sejumlah obyek wisata sejarah dan budaya di DIY dan sekitarnya. Beberapa diantaranya seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, Taman Sari, dan Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Baca Juga :  La Nina Picu Hujan Lebat, Masyarakat Bali Diminta Waspada

Dalam kegiatan tersebut para mahasiswa didampingi secara langsung oleh Dekan Fakultas MIPA UTAR Dr. Lim Tuck Meng,  beserta Kepala Jurusan Biologi UTAR dan sejumlah staf. Dalam kesempatan itu turut dilakukan penjajakan kerjasama  tang dapat dilakukan antara UTAR dan Fakultas Biologi UGM dalam bidang pendidikan dan penelitian.

“Harapannya  lewat kegiatan ini mahasiswa kami dapat mengenal dan mempelajari secara langsung berbagai penelitian yang ada di Fakultas Biologi UGM,” saat welcome dinner, Senin (9/1/2017) di Fakultas Biologi UGM.

Lim Tuck Meng menyebutkan ada 27 mahasiswa UNTAR yang mengikuti kegiatan ini untuk mempelajari teori dari mata kuliah dan melakukan praktek langsung di laboratorium. Mahasiswa tersebut tidak hanya berasal dari FMIPA saja, tetapi juga dari Teknik Lingkungan.

Sementara Dekan Fakultas Biologi UGM, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., menyambut baik kunjungan rombongan UTAR Malaysia ke Fakultas Biologi UGM. Dia berharap para mahasiswa bisa mendapatkan tambahan wawasan dan pengetahuan melalui kegiatan yang dilakukan di Fakultas Biologi UGM. Selain itu juga dapat terjalin diskusi dengan baik untuk membahas berbagai kemungkinan kerja sama yang dapat dibangun untuk kemajuan bersama.

Baca Juga :  Tingkatkan Eksistensi Museum, Disparbud Jembrana Keliling Sasar Pelajar

“Semoga kedepan bisa terjalin kerja sama yang bisa memberikan manfaat bagi UGM dan UTAR,” tuturnya.

Dalam sambutannya Budi Daryono turut menyampaikan sejarah pendirian Fakultas Biologi UGM yang berdiri pada 19 September 1995. Memiliki tiga fokus bidang penelitian yakni biologi molekular dan bioteknologi, biologi fungsional, dan biologi konservasi.  (ika/humas ugm/bpn)