BALIPORTALNEWS.COM  – Berbagai jenis pelayanan pengujian kendaraan bermotor yang telah diterapkan di Kota Denpasar, terutama sistem keliling dan drive thru sampai saat ini dirasakan dengan baik oleh masyarakat Kota Denpasar. Target yang dicanangkan untuk Pendapatan Asli Dearah (PAD) yang didapatkan dari pengujian kendaraan bermotor telah tercapai. Di tahun 2016 saja, PAD yang diperoleh dari pengujian kendaraan bermotor menyentuh angka Rp. 4.094.070.600 jauh melampaui target awal sebesar Rp. 4.050.000.000. Di tahun 2017, PAD yang ditargetkan dari pengujian kendaraan bermotor di Kota Denpasar ditargetkan sebesar Rp. 4.250.000.000. Sampai saat ini jumlah peserta wajib uji sebanyak 53.000 wajib uji yang terdiri dari angkutan penumpang umum, barang, bus ataupun kereta tempelan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Denpasar, Dewa Sutarja saat ditemui pada Jumat (6/1/2016).

“Saat ini Pemkot Denpasar telah menyediakan dua jenis layanan kendaraan bermotor yaitu layanan kendaraan bermotor keliling dan drive thru. Layanan pengujian kendaraan bermotor keliling beroperasi melayani setiap harinya di sekitar Lapangan Kompyang Sudjana, Parkir Timur GOR Ngurah Rai, dan sekitar Lapangan Lumintang. Sementara untuk layanan drive thru dilayani setiap hari kerja langsung di Kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Kota Denpasar” ujar Dewa Sutarja.

Baca Juga :  Ketua PD Bhayangkari Bali Ziarah di TMP Pancakatirta

Lebih lanjut Dewa Sutarja mengatakan sesuai Perda No 20 Tahun 2011 Tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor, secara kumulatif pengujian kendaraan bermotor di Kota Denpasar dikenai tarif sebesar Rp. 60.000 diluar sanksi administrasi sebesar Rp. 1.500 per hari dan biaya terhutang setiap masa uji enam bulan.

Diharapkan bagi masyarakat yang ingin menguji kendaraannya untuk memenuhi berbagai persyaratan teknis maupun administratif seperti kelengkapan surat dan kesiapan elemen kendaraan sehingga memenuhi standar keselamatan.

“Di tahun 2016 lalu animo masyarakat untuk mengikuti pengujian kendaraan bermotor di Kota Denpasar cenderung mengalami peningkatan. Hal in isejalan dengan informasi yang semakin mudah didapatkan masyarakat. Tentu semakin meningkatnya kesadaran masyarakat ini diantisipasi Pemkot Denpasar dengan peningkatan sarana prasarana dan pelayanan yang semakin baik,” kata Dewa Sutarja. (esa/humasdps/bpn)

Tinggalkan Komentar