Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Pencak Silat Bakti Negara Mangupura Cup IV secara resmi dibuka Ketua Umum DPD Bakti Negara Bali, I Nyoman Giri Prasta di Gor Purna Krida Kerobokan, Minggu (15/1/2017). Dalam pembukaan kejuaraan tersebut juga dihadiri oleh Ketua Harian DPD Bakti Negara, Bagus Alit Sucipta, Sekretaris Umum,  Jagra Wibawa, Ketua DPC Bakti Negara Badung, Putu Sugiartha, Ketua KONI Kabupaten Badung, Si Raka Arnawa, Ketua IPSI Badung, Made Subawa, Camat Kuta Utara, AA Putu Yuyun hanura Eny ,Kabag Humas Setkab Badung, Nyoman Sujendra, sejumlah anggota DPRD Badung.

Dalam sambutannya Giri Prasta memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anggota Bakti Negara Badung karena Bakti Negara di Kabupaten Badung sampai saat ini masih tetap eksis, masih bagus dan masih terus berkembang. “Bakti Negara merupakan warisan para leluhur kita dan sudah diakui oleh dunia. Untuk itu kita sebagai generasi penerus harus terus memantapkan, menggelorakan dan membumikan Bakti Negara sampai ke pelosok-pelosok Kabupaten Badung”. ungkapnya.

Baca Juga :  Bupati Buleleng Buka Kejurkab Pencak Silat Sitembak Cup XII Tahun 2022

Lebih lanjut dikatakan makna Bakti Negara dalam bahasa Bali berarti nindihin gumi, untuk itu dalam Pencak Silat Bakti Negara bisa mewujudkan pola seni dan mental atletnya untuk nindihin gumi. ” Kami meyakini dengan Bakti Negara akan tercipta soliditas. Dengan soliditas ini kita akan menyadari bahwa kita bersaudara bukan bermusuhan yang ujungnya akan meningkatkan rasa untuk nindihin gumi. Dan ingat tanamkan sportivitas dan prestasi dalam jiwa adik-adik,” ujar Giri Prasta.

Ketua panitia, Ketut Antara menyampaikan, tujuan dari diselenggarakannya Pencak Silat Bakti Negara Mangupura Cup IV adalah untuk menggali bibit dan atlet potensial dari 6 kecamatan yakni Petang, Mengwi, Abiansemal, Kuta Utara, Kuta dan Kuta Selatan untuk diterjunkan dalam kejuaraan yang lebih tinggi. Selain itu kegiatan ini juga sebagai ajang evaluasi kepelatihan di ranting dan unit .

Ketua DPC Bakti Negara Badung, Putu Sugiartha menambahkan, kegiatan ini akan dilaksanakan dari tanggal 15 sampai 19 Januari 2017. “Tanggal 15 januari ini diagenakan pembukaan kejuaran yang dilanjutkan dengan Danurdara (kenaikan tingkat) ban merah 1,2,3  sebanyak 1.680 peserta. Sementara pertandingan akan dilaksanakan dari tanggal 16 sampai 19 Januari 2017 dengan mempertandingkan 3 kategori tanding yakni kelompok usia dini, kelompok remaja dan kelompok dewasa dengan total atlet dan official sebanyak 318 orang,” tambahnya.

Usai pembukaan, Bupati Giri Prasta menerima piala bergilir dari Kecamatan Kuta sebagai juara umum tahun lalu untuk diperebutkan kembali pada Mangupura Cup IV, Bupati juga menyerahkan bantuan dana motivasi kepada ketua panitia sebesar Rp. 50 Juta. (humasbdg/bpn)