BALIPORTALNEWS.COMKomunitas Gadjah Mada Gowes (GamaGo) kembali menggelar kegiatan bersepeda jarak jauh dalam rangka memeriahkan Dies Natalis Ke-67 UGM. Kegiatan yang mengusung tema “Gowes Bersinergi Jelajah Muria-Merapi” akan berlangsung selama tiga hari pada 16-18 Desember 2016 mendatang dengan rute jelajah Jepara menuju Yogyakarta.

Ketua Panitia Gowes Bersinergi Jelajah Muria-Merapi, Dr. Hatma Suryatmojo mengatakan kegiatan bersepeda jarak jauh ini menempuh jarak 300 Km dengan start di Alun-alun Kota Jepara dan dan finish di halaman Balairung UGM. Acara yang diselenggarakan oleh GamaGo bekerjasama dengan Keluarga Alumni Gadjah Mada (Kagama) Jepara, Kagama Pati, Kagama Kudus, Kagama Sragen, serta Kagama Solo ini selain untuk menyemarakkan agenda dies ke-66 UGM juga sebagai bentuk kampanye UGM sebagai kampus pesepeda ke masayarakat luas, terutama di sepanjang jalur Jepara-Yogyakarta. Tidak hanya itu, kegiatan gowes ini juga bertujuan untuk menggugah semangat sinergi antar alumni.

“Kegiatan ini lebih untuk memperkenalkan UGM kepada masyarakat yang dilalui rombongan bersepeda serta untuk menumbuh kembangkan seamnagat olah raga bersepeda di lingkungan UGM,” paparnya, Rabu (14/12/2016) di Kampus UGM.

Kegiatan bersepeda jarak jauh yang diiukti oleh civitas akademika UGM dan para alumninya ini telah dimulai sejak tahun 2013 silam. Pada tahun 2013 mengambil rute Surabaya-Yogya dan di tahun 2014 dengan rute Bandung-Yogya. Sedangkan pada tahun 2015 lalu mengambil rute Malang-Yogya.

“Gowes Jepara-Yogyakarta ini diikuti tidak kurang dari 70 peserta meliputi  dosen, karyawan, dan alumni UGM. Rencananya Gubernur Ganjar Pranowojuga akan berpartisipasi dalam gowes kali ini,” ungkap Hatma.

Hatma menyampaikan kegiatan ini dibagi kedalam tiga etape yakni etapae 1 Jepara-Kudus sejauh 115 Km, etape 2 Kudus-Solo sejauh 125 Km, dan etape 3 Solo-Yogyakarta sejauh 60 Km. Sementara itu, peserta gowes juga akan dibagi dalam tiga kelompok besar berdasarkan kecepatan jelajah yaitu kecepatan tinggi rata-rata 28-34 Km/jam, kecepatan sedang rata-rata 23-28 Km/jam, serta kecepatan rendah rata-rata 19-23 Km/jam.

Rombongan gowes akan berangkat dari Alun-alun Kota Jepara pada Jum’at pagi (16/12) dan menempuh jalur Jepara-Pati-Kudus-Purwodadi-Solo-Yogyakarta dengan finish di Balirung UGM. Gowes Jelajah Muria-Merapi rencananya akan dilepas langsung oleh Plt. Bupati Jepara Ikhwan Sudrajad didampingi, Ketua Panitia Dies Natalis UGM Ke-67 Prof.dr. Budi Mulyono, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Prof.Dr.Ir. Budi Wignyosukarto, Dip.HE., serta Ketua Kagama Jepara Hery Kusnanto, S.T.

“Perjalanan akan berakhir di halaman Balairung UGM dan disambut langsung oleh Rektor Prof. Dwikorita Karnawati yang nantinya akan mengalungkan medali bersepeda jarak jauh kepada seluruh peserta,” pungkasnya. (ika/humas ugm/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini