Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COMĀ – Presiden Republik Indonesia Joko Wiodo medapat gelar kehormatan sebagai pendekar utama Pencak Silat Indonesia atas peran serta dan sumbangsihnya dalam pembinaanĀ pencak silat di Indonsia Gelar.Ā Ā PenghargaanĀ Ā tersebut diserahkan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto kepada Presiden dengan sapaan akrab Jokowi disela-sela penutupan acara Kejuaraan Dunia Pencak Silat ā€˜The 17th World Championship &Ā Festival bertema Pencak Silat For The Worldā€™, yang digelar di Stadion Indoor GOR Lila Buana, Denpasar, Kamis (8/12/2016).

Presiden Jokowi yang didampingi Gubernur Bali Made Mangku Pastika mengatakan kejuaraan pencak silat yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara ini harus menjadi ajang silaturahmi untuk memupuk kebersamaan. ā€œBagi saya kejuaraan ini sangat membanggakan, walaupun berbeda bangsa tapi tetap saling berkomunikasi dengan baik dengan semangat sportifitas dalam persaingan,ā€ cetus Jokowi.

Baca Juga :  Honda Aircraft Company Mendirikan Japan General Aviation Service Sebagai Pusat Layanan Resmi HondaJet di Jepang

Jokowi juga berkesempatan menyaksikan laga terakhir antara peserta asal Belgia melawan Malaysia yang dimenangkan kontingan Belgia. Ia menyampaikan pesan kepada para atletĀ Ā agar bisa mengambil hikmah dari laga tersebut bahwa kekuatan, kepintaran, dan keahlian bisa dikalahkan dengan kesabaran dan keikhlasan. Tak hanya itu, Pencak Silat kedepannya diharapkan Jokowi harus memiliki prestasi tersendiri dikancah Internasional, yakni dengan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam event olahraga dunia olimpiade.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Prabowo Subianto dalam laporannya menyatakan apresiasi sebesar-besarnya atas kehadiran Presiden untuk menutup kejuaraan tersebut. Ia pun menyampaikan hasil kejuaraan tersebut dengan perolehan medali emas tertinggi diraih oleh Indonesia dengan jumlah 15 medali emas, dan posisi terendah diduduki oleh Belgia dengan 1 medali emas. Kejuaraan yang diikuti oleh peserta dari 40 negara merupakanĀ Ā penyelenggaraan kejuaraanĀ Ā pencak silat tingkat dunia yang pertama kali.

Baca Juga :  Pabrik Baterai Honda dan LG Energy Solution Targetkan Mulai Beroperasi Pada Akhir Tahun 2024

Dengan dinobatkannya Presiden Pendekar Utama Pencak Silat Indonesia, Ia berharap bisa mendukung pembinaan dan pengawasan pencak silat agar semakin berprestasi. Ia pun mengapresiasi jiwa sportifitas yang ditunjukkan para peserta, serta bantuan seluruh official yang mensukseskan pelaksanaan kejuaraan tersebut.

Gelar Kehormatan yang diraih Presiden Jokowi ditandai dengan penyerahan Udeng, Keris, SK dan Sertifikat Pendekar Utama Pencak Silat Indonesia. (humasprovbali/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News