BALIPORTALNEWS.COM Kota Denpasar berhasil meraih predikat Golden Champion pada The 2nd Indonesia Smart Nation Awards (ISNA) Smart City Kategori Kota Besar. Penghargaan ini di umumkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Rudiantara didampingi Deputi Kementerian Perencanaan Pembangunan Bidang Pengembangan Regional Arifin Rudiyanto, di Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Penghargaan yang diraih Kota Denpasar ini diukur berdasarkan sistem Smart Region Maturity Index (SRMI) yang digagas oleh Citiasia Center for Smart Nation. Ini merupakan metode yang diukur berdasarkan data terpublikasi dari berbagai sumber, seperti data kementerian/lembaga, statistik wilayah seluruh Indonesia, dan web resmi pemerintah daerah beserta analisis 72 media cetak nasional dan lokal serta 100 media online.

Smart Region Maturity Indeks (SRMI) merupakan indeks komposit dari Smart Readiness Index dan Smart Region Index yang parameternya diambil dari kerangka kerja smart nation yang dikembangkan oleh Citiasia. Perhitungan SRMI dilakukan terhadap 415 kabupaten, 93 kota, 34 provinsi di Indonesia termasuk Kota Denpasar.

Pada pengukuran tersebut, Kota Denpasar mendapatkan nilai 47,75 untuk kategori kota besar dengan populasi lebih dari 800.000 penduduk. Dan nantinya Indeks ini berguna untuk memberikan gambaran yang komprehensif tentang kondisi suatu kota, kabupaten, provinsi dalam sebuah ukuran yang mudah untuk dipahami.

Baca Juga :  Fokus Pada Keamanan Wilayah, Banjar Tegalkuwalon Gelar Pendataan Duktang

Dengan tujuan dari disusunnya indeks ini, untuk menjadi salah satu acuan kondisi daerah-daerah untuk menuju Indonesia Smart Nation. Sedangkan manfaat bagi daerah sendiri dengan disusunnya indeks ini adalah sebagai alat ukur untuk melakukan inovasi-inovasi dalam pembangunan di daerahnya agar dapat menjadi daerah pintar (Smart Region).

Smart Region dibangun untuk mencapai kehidupan masyarakat yang lebih aman, lebih mudah, lebih sehat, dan lebih makmur dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi serta inovasi yang diarahkan untuk perbaikan kinerja, mengurangi biaya (efisiensi) dengan melibatkan partisipasi masyarakat. Sedangkan pada Smart Region Index, terdapat enam dimensi yang diukur, yaitu dimensi smart governance, dimensi smart branding, dimensi smart living, dimensi smart society, dan dimensi smart environment.

Baca Juga :  Dari Penjajakan Rencana Sister City Kota Denpasar dan Kota Zadar, Sejumlah Peluang Dipaparkan

 Dimana nantinya pemeringkatan ini bertujuan untuk melihat posisi kinerja daerah dan membantu meningkatkan daya saingnya secara nasional dan internasional. Terutama dalam membangun kesiapan daerah pintar “smart region readiness” dan membangun daerah pintar “smart region” yang maju, kreatif, dan berkelanjutan. Kesiapan daerah pintar terutama dalam penyiapan infrastruktur fisik, digital, dan sosial.

Sementara Walikota Denpasar IB Rai Dhamawijaya Mantra  bangga dengan  Kota Denpasar, karena berhasil meraih predikat Golden Champion pada The 2nd Indonesia Smart Nation Awards Smart City Kategori Kota Besar.

Baca Juga :  Maknai Kebaikan Ramadan, Ribuan Mitra Pengemudi Shopee se-Indonesia Berbagi Takjil

Dengan pencapaian ini, Kota Denpasar akan lebih terpacu di dalam penggunaan Infomasi Teknologi di dalam memberikan pelayanaan ke pada masyrakat kedepannya. Dimana dengan kemajuan teknologi masyarakat akan sangat terbantu didalam bidang pelayanan, dikarenakan dengan kemajuan teknologi masyarakat bisa mengakses semua informasi dengan cepat, mudah dan transparan.

“Kedepan kami akan terus meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi,” kata Rai Mantra. (ays’/humasdps/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News