BALIPORTALNEWS.COM Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH, Rabu (2/11/2016) menerima PT. Bali Waste Energy yang presentasi mengenai penanganan dan pengolahan sampah melalui Pabrik Sampah “From Waste to Energy” untuk wilayah Bali dan khususnya di Pemda Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan) di Puspem Badung.

Pada kesempatan itu, Wabup Suiasa didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) I Ketut Suardana dan Kadis Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Badung I Putu Eka Merthawan.

Menurut Marshal Manegkei sebagai vice president PT Bali Waste Energy, hadirnya Bali Waste Energy di Bali ini didasari atas belum optimalnya penanganan sampah khususnya di TPA Suwung dari Pemda Sarbagita.

Dari presentasinya, Marshal ingin membangun sebuah pabrik sampah di TPA Suwung. “Kami ingin membantu Bali secara menyeluruh dan Sarbagita secara mengkhusus, sehingga Bali bersih dari sampah,” jelasnya.

Untuk pembangunan pabrik sampah ini, pihaknya memerlukan sebuah kesepakatan-kesepakatan dengan Pemda terait. Ia juga menyampaikan, bahwa sudah melakukan komunikasi dengan Pemda Sarbagita untuk mengadakan kunjungan lapangan ke pabrik sampah di Jerman dan Belanda.

Lebih lajut dijelaskan, Pabrik Sampah ini akan mampu memproduksi berbagai energi mulai dari energi listrik, bio coal (batubara), uap panas, CO2 Sertifikasi dan tentunya pupuk kompos. Pada pabrik sampah itu juga akan membangun perumahan untuk pemulung yang bahan bakunya dari hasil pabrik sampah.

Wabup. Suiasa menyambut baik presentasi terkait penanganan sampah dari PT. Bali Waste Energi ini. Menurutnya hingga saat ini memang permasalahan sampah di Bali belum tertangani dengan baik. Untuk itu kedepannya perlu dilakukan langkah-langkah untuk penanganan sampah ini. Hal ini dapat dilakukan melalui sentuhan teknologi untuk penanganan sampah dan perlu adanya kerjasama dengan pihak ketiga.

“Dari presentasi ini sudah memberikan gambaran kepada kita bahwa ada satu inovasi dan terobosan secara teknologi, sehingga penanganan sampah kedepan dapat dilakukan dengan lebih efesien, efektif dan produktif. Kami juga berterimakasih diberi kesempatan langsung melihat eksisting pabrik sampah di Jerman dan Belanda,” tambahnya. (hms badung/bpn)

Keterangan Foto : Wakil Bupati Badung Drs. I Ketut Suiasa, SH, Rabu (2/11/2016) menerima PT. Bali Waste Energy yang presentasi mengenai penanganan dan pengolahan sampah melalui Pabrik Sampah “From Waste to Energy” untuk wilayah Bali dan khususnya di Pemda Sarbagita (Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan) di Puspem Badung.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini