BALIPORTALNEWS.COM – SMPN 1 Denpasar yang kini menjadi sekolah rujukan nasional meraih penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Penghargaan itu atas prestasi SMPN 1 Denpasar meraih indeks integritas penyelenggaraan UN yang tinggi.

SMPN 1 Denpasar meraih indeks integritas penyelenggaraan UN 2015 yang tinggi yakni, 95,74 atau nyaris sempurna. Penghargaan yang ditandatangani langsung oleh Mendikbud RI, Anies Baswedan itu memang baru diterima oleh SMPN 1 Denpasar.

Kepala SMPN 1 Denpasar Drs. AA Gde Agung Rimbya Temaja, M.Ag.,  mengungkapkan, walau terlambat dia dan jajaran sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Mendikbud RI. ‘’Semoga melalui penghargaan ini kami jajaran SMPN 1 Denpasar dapat selalu untuk berprestasi, dan meraih nilai yang tinggi untuk mencetak peserta didik yang berhasil sesuai dengan tujuan mulia dari pendidikan,’’ ujar Gung Aji Rimbya Temaja.

Dia mengungkapkan, pada UN tahun 2015 siswa SMPN 1 Denpasar Adistri Phitamara meraih ranking III NUN tertinggi di Bali dengan nilai komulatif 392,0. Sementara UN 2016 lalu, SMPN 1 Denpasar juga sukses mempertahankan reputasinya sebagai sekolah terbaik di Bali dengan meraih ranking I nilai rata-rata UN yakni 354,76. Selain itu, siswanya Komang Devani Manis Mastithi meraih ranking III nilai UN tertinggi di Bali yakni 391,0.

‘’Sejak dua tahun terakhir, 85 persen siswa kami berhasil meraih kursi di SMA negeri unggulan seperti di SMAN 1 dan SMAN 4 Denpasar, sedangkan 15 persen tersebar di SMA negeri unggulan lainnya. UN tahun 2017 mendatang kami targetkan mencapai nilai rata-rata UN 9,50,’’ ujarnya.

Gung Aji Rimbya Temaja mengungkapkan, prestasi ini merupakan hasil kerja keras siswa, kerjasama sekolah dengan orangtua siswa, kerja cerdas dan kerja iklas guru di sekolah. Untuk itu dia berharap tahun depan bisa mempertahankan prestasi yang diraih.

Gung Aji Rimbya Temaja menegaskan, SMPN 1 Denpasar selalu menumbuhkan pentingnya karakteristik jujur pada para siswa-siswi, untuk menciptakan para pemimpin masa depan yang memiliki integritas serta moralitas. Bahkan SMPN 1 Denpasar tahun depan berkomitmen menerapkan UN berbasis UNBK.

Ketua Komite Wayan Sugitha sangat gembira dengan prestasi SMPN 1 Denpasar. Apalagi kini dibuktikan dengan diraihnya penghargaan dari Kemendikbud atas indeks integritas penyelenggaraan UN terbaik menjadikan SMPN 1 Denpasar sebagai sekolah terbaik di Bali.
Makanya, ia menyebutkan perjuangan SMPN 1 Denpasar ibarat “Budha” yakni bangun, bangkit dan sadar. Ketika semua warga sekolah bangun dari kesadaran saat itulah prestasi bisa diraih. (pra/bpn)

Keterangan Foto : PENGHARGAAN – Kasek AA Gde Agung Rimbya Temaja foto bersama Wakasek Desak Ketut Hartani dan Ketut Budiarta dengan piagam penghargaan dari Kemendikbud atas indeks integritas penyelenggaraan UN yang tinggi.

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini