BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung yang diwakili Sekda Badung Kompyang R. Swandika secara resmi membuka lomba mancing di Sungai/Tukad Yeh Poh, Banjar Batuculung, Kerobokan Kaja, Kuta Utara, Minggu (27/11/2016).

Hadir mendampingi Sekda Badung, tampak Camat Kuta Utara A.A. Yuyun Hanura Eny dan Lurah Kerobokan Kaja I Made Adnyana. 

Sekda Kompyang Swandika menyampaikan lomba mancing dalam rangka program kali bersih ini dinilai sangat tepat. Disamping dalam upaya membersihkan saluran irigasi, juga sebagai wadah bagi para pencinta mancing mania yang dapat menyalurkan hobinya.

“Kegiatan ini sangat positif karena merupakan salah satu inovasi untuk membangun persahabatan dan menjaga kesejukan diantara masyarakat khususnya di Banjar Batuculung,” katanya.

Menurutnya, program kali bersih di Kecamatan Kuta Utara sangat bermanfaat untuk menata tukad yeh poh sebagai sumber irigasi persawahan menjadi lebih baik. Dengan terjaga dan lestarinya sungai ini berarti masyarakat khususnya di Kelurahan Kerobokan Kaja ikut memberikan kontribusi dalam peningkatan produksi pangan di Kabupaten Badung.
“Program kali bersih sangat bermanfaat dalam menanggulangi banjir, dan wilayah Kuta Utara sampai saat ini bebas dari banjir,” imbihnya. 

Kompyang Swandika juga mengimbau kepada masyarakat yang ada di sekitar bibir sungai, daerah sempadan sungai agar ikut berpartisipasi shering sehingga nanti ada bagian-bagian yang bisa dimanfaatkan seperti pembuatan jalan setapak, menanam tanaman obat-obatan dan sayuran. Pemkab Badung sangat mendukung program masyarakat untuk menjadi bagian dari program Pemkab badung.

Program kali bersih yang diinisiasi oleh masyarakat Kuta Utara khususnya dari Kerobokan Kaja ini akan bisa menjadi “virus” untuk dikembangkan dalam penataan sungai-sungai yang ada di kabupaten Badung. Guna mendukung kegiatan mancing mania dan program kali bersih tersebut, Bupati Badung memberikan sumbangan sebesar Rp. 10 juta.

Ketua panitia I Gede Sumadi melaporkan, kegiatan lomba mancing air deras di tukad yeh poh terselenggara atas kerjasama antara warga Banjar Batuculung dengan LPM Kelurahan Kerobokan Kaja. Kegiatan lomba mancing menjadi bagian dari program kali bersih di Kerobokan Kaja guna menciptakan tukad yeh poh yang asri, bersih dan bebas sampah.

“Kegiatan program kali bersih kami laksanakan sebulan sekali,” imbuhnya.

Diharapkan, Pemkab Badung agar senantiasa mendukung program kali bersih ini dan diharapkan banjar-banjar yang lain juga ikut peduli dengan kebersihan lingkungan sungai/tukad sehingga kedepan dapat menanggulangi bahaya banjir. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Bupati Badung yang diwakili Sekda Badung Kompyang R. Swandika secara resmi membuka lomba mancing di Sungai/Tukad Yeh Poh, Banjar Batuculung, Kerobokan Kaja, Kuta Utara, Minggu (27/11/2016).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini