Baliportalnews.com
Selalu terhubung dengan kami.

BALIPORTALNEWS.COM – Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2016 dan HUT ke-71 PGRI di lingkungan PGRI Kota Denpasar berlangsung meriah. Minggu (20/11/2016), PGRI Kota Denpasar mengerahkan sekitar 11.000 siswa, guru beserta keluarganya mengikuti jalan sehat.

Jalan sehat dilepas Walikota Denpasar Ida Bagus Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar Made Mulyawan Arya, Sekda Kota Denpasar A.A.N. Rai Iswara, Plt. Kadisdikpora Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta mengambil start di Depan Monumen Perjuangan I Gusti Ngurah Made Agung Lapangan Puputan Badung.

Ketua Panitia, Drs. I Nyoman Muditha, M.Pd., mengatakan, jalan sehat dengan jarak tempuh lima kilometer, juga diisi dengan pengundian kupon door prize dengan hadiah utama sepeda motor. Serangkain HGN 2016 dan HUT ke-71 PGRI juga digelar lomba hymne PGRI, aksi bersih lingkungan, tabur bunga di TPM Margarana dan seminar nasioal.

Ketua Pengurus Kota PGRI Denpasar, Drs. Nyoman Winata, M.Hum., mengatakan jalan sehat ini diikuti seluruh guru beserta keluarga mulai dari pendidik PAUD hingga guru SMA/SMK negeri se-Kota Denpasar. ‘’Kami ingin memberikan kesan bahwa PGRI di Denpasar tetap kompak dan komit dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Denpasar,’’ Kata Winata.

Baca Juga :  Pj Gubernur Beri Penjelasan Tentang Ranperda Pertanggungjawaban APBD Tahun 2023 dan RPJPD Provinsi Bali

Dalam HUT PGRI tahun ini, tambah Winata, mengambil tema ‘’Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan’’. Tema ini mengandung makna bagaimana para guru harus sadar dan bangkit serta bersemangat bersama-sama untuk lebih berkualitas. Guru diingatkan jangan hanya mengejar angka siswa, mari kita kejar nilai siswa yakni karakter.

Winata berharap, dalam proses pembelajaran, guru diberikan wewenang mendisiplinkan siswa. Dengan catatan tidak sampai menyentuh ranah pidana. Menurutnya, dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 tahun 2008 tentang Guru dan Yurisprudensi Mahkamah Agung, mengamanatkan guru tidak bisa dipidana karena mendisiplinkan siswa.

Baca Juga :  Pertamina Patra Niaga Proaktif Penuhi Kebutuhan LPG Bersubsidi di Bali

Dia juga menegaskan bahwa PGRI ini adalah merupakan satu-satunya wadah organisasi bagi para guru. Untuk itu dia mengajak kepada guru untuk selalu bersatu padu untuk membesarkan organisasi PGRI ini.

Ditegaskan, pihaknya sudah terus memperjuangkanagar nasib serta kesejahteraan guru terus meningkat. Namun khusus untuk Denpasar, kata dia, guru-guru sudah banyak mendapat perhatian Pemkot Denpasar. ‘’Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh bapak Walikota Denpasar,’’ katanya.

Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mengungkapkan rasa kagumnya karena selama ini jajaran PGRI dan guru di Kota Denpasar tampil kompak setiap ada event penting. Kekompakkannya juga tercermin pada upaya peningkatan kualitas diri (professional) dan kinerja di lapangan.

Baca Juga :  Puluhan Peserta Ikuti Berbagai Lomba Serangkaian Bulan Bung Karno di Kelurahan Penatih

Walikota mengatakan, pendidikan dan pembangunan di Kota Denpasar sudah berjalan seimbang. Ini dibuktikan angka partisipasi sangat tinggi. Tentu keberhasilan ini tak terlepas dari usaha dan peran serta para guru ini.

Walikota juga berharap kepada guru untuk terus membentuk karakter pada anak, meskipun tantangan kedepan ini cukup besar. Ini harus dilakukan sebagai upaya yang harus dilakukan untuk membentuk anak-anak yang disiplin dan kreatif. (pra/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News