BALIPORTALNEWS.COM – Perang terhadap narkoba, dideklarasikan oleh para siswa SMA/SMK se-Kota Denpasar di sela-sela acara bertajuk Remaja Keren (kreatif, respek, energik) Tanpa Darts (drug, alcohol, relationship, time waste, smoking) Gedung Nitya Mandala ISI Denpasar, Sabtu (5/11/2016).

Kegiatan itu digelar oleh Lembaga Pendidikan Sathya Sai Indonesia (LPSSI) bekerjasama dengan Forkom OSIS SMA/SMK Kota Denpasar, Disdikpora Kota Denpasar dan BNN Kota Denpasar. Acara dihadiri Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Sukana mewakili Walikota Denpasar.

Wayan Sukana, mengatakan, peredaran narkoba di masyarakat merupakan fenomena yang mengkhawatirkan dan orangtua. Hal ini karena sekitar 70 persen selaku penyalahgunaan narkoba adalah remaja.

Belakangan ini banyak dijumpai pelajar menjadi pengguna sekaligus pengedar. Bahkan belakangan ini ada upaya mengedarkan narkoba kepada siswa sekolah dasar.
‘’Tentu ini sangat mengawatirkan, karena Narkoba dapat menghancurkan masa depan remaja, generasi muda, dan bangsa. Setiap hari, empat sampai lima orang meninggal karena narkoba,’’ ujarnya.
Disebutkan, di Indonesia narkoba sudah merambah ke berbagai kalangan mulai dari anak-anak, remaja, pelajar, dan mahasiswa, anggota legislatif, pejabat pemerintah, TNI, Polri dan sebagainya. Ditambahkannya, remaja rentan terhadap segala kemungkinan yang dipacu oleh karakteristik mencari jati diri, serba ingin tahu, mencoba hal-hal baru terlebih di era globalisasi dan arus informasi yang semakin terbuka memungkinkan remaja berprilaku tidak sehat dan mencoba memakai narkoba.

Baca Juga :  Gubernur Koster Dukung Sinergitas BNN, KPK dan BNPT Berantas Narkoba, Korupsi dan Terorisme

Karena itu, ia menyambut positif dideklarasikannya Remaja Keren Tanpa Darts ini, sebagai upaya ikut mencegah, memberantas, dan menanggulangi peredaran narkoba.
Pihak sekolah juga diingatkan harus mengarahkan siswa siswinya untuk mengikuti berbagai macam kegiatan yang positif, seperti mengikuti kegiatan ekstrakulikuler.

Dari kegiatan tersebut para siswa yang tergolong remaja tersebut akan mampu mengembangkan kretivitasnya, meningkatkan kemampuan, belajar untuk bekerjasama dalam tim, sehingga mereka tidak akan punya waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak terlalu penting yang mungkin bisa membawa mereka terjerumus dalam pergaulan yang salah.

Baca Juga :  Zandre Badak: Berwajah Alim Bukan Jaminan Tak Tersandung Narkoba

Rangkaian acara juga diisi lomba penulisan esai tentang bahaya narkoba, presentasi paper,presentasi poster, talk show dan dipuncak acara diisi dengan deklarasi oleh seluruh OSIS SMA/SMK Kota Denpasar untuk menjadi Duta Remaja Keren Tanpa Darts. (pra/bpn)

Keterangan Foto : DEKLARASI – Para pelajar SMA/SMK se-Kota Denpasar sepakat perangi narkoba saat deklarasi Remaja Keren (kreatif, respek, energik) Tanpa Darts (drug, alcohol, relationship, time waste, smoking).

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini