BALIPORTALNEWS.COMPanji-panji dan surat sakti pahlawan Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai tiba di kabupaten Badung, Jumat (18/9/2016).

Serah terima Pataka Panji-Panji dan Surat Sakti napak tilas jejak perjuangan dilakukan pada Apel di lapangan Mangupraja Mandala, Puspem Badung dengan inspektur Bupati Badung Nyoman Giri Prasta.

Apel tersebut diikuti oleh para pelajar se-kabupaten Badung yang juga menjadi pserta napak tilas, organisasi masyarakat, TNI, dan Polri unsur Korpri, PNS dan dihadiri Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Sekda Kompyang R Swandika , Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, pimpinan SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, serta Keluarga Besar Puri Carang Sari, dan para Veteran Laskar Ciungwanara.

Dalam sambutanya, Giri Prasta, mengatatakan, napak tilas jejang perjuangan pahlawan nasional I Gusti Ngurah Rai merupakan agenda tahun guna menanamkan jiwa nasionalisme dan semangat 45 para pahlawan kusuma bangsa. 

Baca Juga :  Napak Tilas dan Tabur Bunga di Monumen Pahlawan I Gusti Ngurah Rai Carangsari

“Diharapkan Napak tilas dengan menanamkan nilai-nilai perjuangan ini bisa terus dilaksanakan dan gelorakan pada diri generasi penerus bangsa untuk pembangunan kedepannya,” kata Giri Prasta.

Lanjut dia, napak tilas jejak perjuangan Pahlawan Nasional Gusti Ngurah Rai diharapkan dapat mempertebal rasa cinta tanah air dan meneladani nilai-nilai patriotisme. “nilai-nila pantang menyerah haru terus ditanamkan sebagai wujud bhakti kepada para pejuang,” tegasnya.

Ditambahknya, napak tilas yang dilakukan oleh para generasi muda masa kini merupakan wujud kongkrit, serta komitmen kita bersama. Apa yang dilakukan para pahlawan hendaknya dijadikan figur panutan pengembangan jati diri masa kini dan masa yang akan datang.

“Satukan langkah untuk Negeri, bersatu dalam kebesamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negeri yang kita cintai,” tegasnya.

Seusai Apel, Bupati Giri Prasta melepas para peserta Napak Tilas yang diikuti 62 regu dari kalangan pelajar di Kabupaten Badung menuju tugu pahlawan I Gusti Ngurah Rai di desa Carang Sari, Kecamatan Petang. Didampingi Wabup Ketut Suiasa, Ketua dan Wakil Ketua DPRD badung I Putu Parwata dan I Nyoman Karyana, Bupati Giri Prasta mengiringi para peserta napak tilas hingga gerbang utama Puspem Badung.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Apresiasi Dukungan Pemprov Bali dalam Peringatan ke-76 Puputan Margarana

Dalam setiap langkahnya, seraya memegang mambu runcing, Giri Prasta dan Suiasa mengumandangkan lagu perjuangan sebagai penyemengat peserta napak tilas jejak perjuangan Pahlawan Nasional Brigjen TNI (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai. (humasbadung/bpn)

 

Keterangan Foto : Bupati Giri Prasta didampingi Wabup Ketut Suiasa, Ketua dan Wakil Ketua DPRD badung I Putu Parwata dan I Nyoman Karyana mengiringi para peserta Napak Tilas yang diikuti 62 regu dari kalangan pelajar di Kabupaten Badung hingga gerbang utama Puspem Badung menuju tugu pahlawan I Gusti Ngurah Rai di desa Carang Sari, Kecamatan Petang, Jumat (18/9/2016).

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini