BALIPORTALNEWS.COMTim mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Gadjah Mada (UGM) sukses menyabet gelar juara pertama dalam kompetisiEconomic Call For Paper National Championship (ECLASHIP) 2016 pada 23 Oktober lalu di Jakarta. Mereka adalah Airlangga Surya(Manajemen 2012), Salim Fauzanul (Ilmu Ekonomi 2013) dan Adhitya Kusuma (Ilmu Ekonomi 2014). 

Ketiganya berhasil memenangkan kompetisi tersebut dengan mengajukan karya tulis tentang pemanfaatan aplikasi berbasis teknologi informasi dalam mendukung pengembangan UMKM dan pengentasan kemiskinan di pedesaan yang dinamai Ruralnomy.com. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi yang menggabungkan tiga aplikasi teknologi infromasi lainnya yakni crowdfunding, e-commerce,dan open source website.

“Aplikasi ini dapat menyelesaikan tiga masalah utama yang dihadapai UMKM desa yaitu permodalan, pemasaran, serta teknologi produksi,” terang Adhitya Kusuma, Rabu (30/11/2016) di Kampus UGM. 

Adhitya menjelaskan dalam hal permodalan, UMKM Desa dapat mengakses menu crowdfunding dalam web E-Ruralnomy.com. Selanjutnya, UMKM Desa dapat menjual dan memasarkan produknya melalui e-commerce. Sementara untuk meningkatkan kapasitas produksi UMKM Desa, maka UMKM Desa dapat mengakses open source website dalam laman e-ruralnomy.com yang berisi berbagai macam informasi mengenai teknologi tepat guna. 

Baca Juga :  Astra Siaga Lebaran 2024, Siap Temani Pemudik dengan 299 Bengkel dan 805 Teknisi

“Apabila ketiga masalah utama ini dapat terpecahkan, diharapkan kesejahteraan UMKM Desa dapat meningkat dan pada akhirnya dapat mengentaskan kemiskinan di pedesaan,” harapnya. (ika/humas ugm/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News