BALIPORTALNEWS.COM – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar menggelar penutupan diklat calon kepala sekolah angkatan I Kota Denpasar tahun 2016, Jumat (11/11/2016). Diklat ditutup Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar, Drs. Wayan Sukana ditandai dengan pelepasan tanda peserta diklat.

Sukana mengungkapkan, sebagai abdi negara calon kepala sekolah diharap selalu memegang teguh rasa tanggung jawab, disiplin, jujur, tulus bekerja, serta berorientasi pada hasil dan kemanfaatan kepada masyarakat. Lebih dari itu, para calon kasek harus memegang teguh motto ‘’Puradhipa Bhara Bhawana’’ yakni kewajiban pemerintah adalah meningkatkan kemakmuran rakyat dan filosofi ‘’Sewaka Dharma’’ yang menjadi landasan pelayanan publik di Kota Denpasar.

Menurut Sukana, napas pendidik harus menjadi napas hidup seorang guru. Jangan menjadi guru memiliki pola seperti pedagang yang menghitung untung-rugi. Karenanya, ia menekankan guru harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya melayani, memberdayakan dan meningkatkan kemampuan anak didik secara sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

Diharapkan, dengan telah meningkuti diklat calon kasek, para guru dapat meningkatkan kualitas kepemimpinan terkait kemampuan, kualifikasi dan kompetensi dalam memimpin sekolah. Termasuk mampu mengubah pola pikir dan budaya kerja yang lebih peka terhadap tuntutan masyarakat, bersemangat dan disiplin.

Ketua Panitia yang juga Kabid Tenaga Kependidikan Disdikpora Kota Denpasar, Drs. AA Gede Wiratama, M.Ag., mengungkapkan, diklat calon kepala sekolah yang diselenggarakan bekerja sama dengan LPMP Provinsi Bali ini berlangsung dari 29 September 2016 dengan jumlah peserta sebanyak 44 orang.

Dalam pelaksanaannya peserta melalui banyak proses, di antaranya out bound di SMPN 2 Denpasar selama dua hari, dan dilanjutkan on the job learning (OJL) yang dilaksanakan di sekolah masing-masing dan yang sekolah yang ditunjuk oleh panitia.

Dikatakan, dari rangkaian pelaksanaan diklat cakep ini serta hasil rapat panitia dan Widyaiswara LPMP ditetapkan 10 peserta dengan predikat sangat baik dan 34 peserta dengan predikat baik. Dan, seluruh peserta dinyatakan lulus dengan hasil yang memuaskan. (pra/bpn)

Keterangan Foto : TUTUP DIKLAT – Sekretaris Disdikpora Kota Denpasar, Wayan Sukana, saat menutup diklat calon kepala sekolah angkatan I Kota Denpasar tahun 2016.

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini