BALIPORTALNEWS.COM – Wakil Bupati Badung I Ketut Suaisa didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Suka dan Kadispenda I Wayan Adi Arnawa membuka Lomba Subak dan Subak Abian se-Kabupaten Badung tahun 2016, bertempat di Bale Subak Abian Sedana Winangun, Br. Sidan, Desa Belok Sidan yang merupakan duta Kecamatan Petang,  Senin (3/10/2016).

Turut hadir Kadis Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan I Gst. A. Ketut Sudaratmaja, Kadis Peternakan, Perikanan dan Kelautan I Made Badra, Kadis Bina Marga dan Pengairan IB. Surya Suamba, Camat Petang I Gst. Ngr. Ariawan dan masyarakat setempat. 

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa dalam sambutannya menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Badung sangat memperhatikan Subak dan Subak Abian begitu pula para prejurunya. Hal tersebut terbukti pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk program-program prioritas pembangunan pertanian berkelanjutan berupa Pertanian Kontemporer dan Subak Lestari, sesuai konsep Pola Pembangunan Semesta Berencana.

Baca Juga :  Polisi Amankan Pemilik Layangan Putus yang Mengakibatkan Gardu Listrik Meledak

Pertanian Kontemporer merupakan konsep pembangunan pertanian yang dimulai dari hulu sampai ke hilir, yang mana di hulu dengan mempersiapkan infrastruktur, permodalan, Saprodi dan pendamping teknis pertanian dan di tengah ada teknologi serta di hilir adanya permodalan, pasca panen pasar dan promosi.

Lebih lanjut Suiasa menyampaikan, di Kabupaten Badung untuk lomba Desa Adat dan lomba Subak untuk kedepannya ditiadakan dulu mulai tahun 2017 akan diubah polanya melalui pembinaan/tuntunan. Esensi dan substansinya sama karena lomba itu sejatinya adalah sebagai media/momentum untuk melakukan pembinaan yang terus dilaksanakan namun penentuan katagori kejuaraaan tidak ada. Substansi dan kegiatannya sama sehingga di masyarakat yang dikembangkan bukan masalah juaranya namun bagaimana solusi dalam rangka pembinaan Subak, Subak Abian termasuk Desa Adat yang pada intinya kita ingin melestarikan dan mengajegkan nilai-nilai tradisi, adat istiadat dan juga kaitannya dengan agama di Bali ini khususnya di Kabupaten Badung, dengan tujuan untuk mencapai sasaran riil kepada substansi yang ingin kita lakukan dalam hal untuk mengajegkan Tri Hita Karana.

Baca Juga :  Sekda Dewa Made Indra Beri Arahan Kepala SMA/SMK/SLB Negeri se-Bali

Kadispenda Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa menyampaikan, peserta lomba Subak dan Subak Abian tahun 2016 yang merupakan duta dari masing-masing Kecamatan di Kabupaten Badung yaitu; Subak Amerta Sari Manik Pesedahan Yeh Kilap Petang, Desa Plaga duta Kecamatan Petang, Subak Taman Pesedahan Yeh Kilap Abiansemal, Desa Taman duta Kecamatan Abiansemal, Subak Sempidi Pesedahan Yeh Bolo, Kelurahan Sempidi duta Kecamatan Mengwi, Subak Bantan Pesedahan Yeh Bolo, Desa Tibubeneng duta Kecamatan Kuta Utara, Subak Abian Sedana Winangun Desa Belok Sidan duta Kecamatan Petang, Subak Abian Batur Sari Ayu Desa Ayunan duta Kecamatan Abiansemal, Subak Abian Jemeng Sari Desa Sembung duta Kecamatan Mengwi dan Subak Abian Puluk-Puluk Desa Pecatu duta Kecamatan Kuta Selatan. 

Baca Juga :  Kapolsek Selbar Tatap Muka dengan Umat Muslim Desa Selabih

Sementara itu Kelian Subak Abian Sedana Winangun I Ketut Badra menyampaikan, jumlah anggota Subak Sedana Winangun sebanyak 260 orang dengan luas 330 hektar yang dibagi 4 Munduk yaitu; Munduk Kelisan, Munduk Duwi, Munduk Pangsut dan Munduk Jubel dengan batas-batas di sebelah Utara tanah milik I wayan Molog, Timur Sungai Ayung, Selatan tanah milik I Wayan Tirtayasa dan di sebelah Barat Tukad Bangkung.

 

Keterangan Foto : Wabup Badung I Ketut Suaisa didampingi Kadispenda I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri  sekaligus Arnawa membuka Lomba Subak dan Subak Abian se-Kabupaten Badung di Bale Subak Abian Sedana Winangun, Br. Sidan, Desa Belok Sidan Kecamatan Petang,  Senin (3/10).