BALIPORTALNEWS.COM – Siswa SMAN 5 Denpasar (Smanela) makin berjaya di kompetisi tingkat nasional. Tercatat dalam dua bulan terakhir, siswa Smanela menyabet enam juara nasional lomba karya tulis ilmiah (LKTI).

KLIK GAMBAR DI ATAS UNTUK MENDAPATKAN INFORMASI LEBIH LANJUT !!!

Siswa Smanela Rian Permata Sari, Shanti Sugiantini dan Winda Sindu meraih juara II LKTI di Universitas Gadjah Mada (UGM). Di ajang bergengsi ini tim Smanela memaparkan hasil penelitian ‘’Pemanfaatan Limbah Apu-apu sebagai Biogas Ramah Lingkungan’’.

Prestasi lainnya juara II LKTI di Institut Pertanian Bogor (IPB). Prestasi ini diukir oleh Gusti Ayu Rani, Bintang Silayani dan Heri Gunawan. Ketiganya memaparkan penelitian ‘’Penggunaan Enceng Sawah sebagai Bahan Bakar Nabati’’.

Baca Juga :  Kembali, 7 Pasien Covid-19 Sembuh di Bali

Selanjutnya, tim KIR Smanela lainnya yang diperkuat Riza Nainggolan, Pradnya Sari Kartika dan Gusti Ayu Bintang meraih juara III LKTI di Universitas Negeri Jember. Ketiganya memaparkan penelitian khasiat daun Tembelekan sebagai obat TBC.

Berikutnya, tim KIR Smanela juga mengukir prestasi juara III LKTI di Unair. Prestasi ini dipersembahkan oleh AA Istri Puspitawati dan Hendra. Keduanya memaparkan penelitian ‘’Limbah Bonggol Pisang sebagai Nutrisi Pada Peningkatan Berat Badan Ayam Kampung’’.

Di Universitas Negeri Yogyakarta, siswa Smanela Wayan Sadukari dan Setianingsih juga meraih juara II LKTI soal pengembangan PKR dalam meningatkan reproduksi remaja.

Baca Juga :  Bupati Suradnyana Keluarkan Surat Edaran Perpanjangan Jam Buka Tutup Pedagang

Terakhir siswa Smanela Dharma Sastrawan, Yulia dan Maria Nindi meraih juara III LKTI di Universitas Negeri Malang. Ketiganya memaparkan penelitian ‘’Energi Terbarukan Ramah Lingkungan dari Daun Genjer-genjer’’.

Wakasek Humas AA Dalem Mahendra yang juga guru pembina KIR Smanela mengaku, keberhasilan besar tersebut merupakan kerja keras siswa-siswi Smanela. Penelitian dan riset lapangan dilakukan mandiri, dan mereka bahas bersama lewat ekskul KIR.

Kepala SMAN 5 Denpasar, Drs. Made Sudha, M.Pd.H., mengaku bangga atas sukses yang diraih siswanya. Sudha mengatakan Rian Permatasari dkk., adalah calon peneliti dan ilmuwan. Diharapkan dengan prestasi ini makin banyak lagi peneliti-peneliti muda di SMAN 5 Denpasar yang menembus juara nasional. (pra/bpn)

 

Baca Juga :  Berdiam di Rumah, Berkebun Jadi Hobi Baru 

Keterangan Foto : JUARA NASIONAL – Kasek Made Sudha (tengah) foto bersama siswa Smanela peraih juara nasional LKTI didampingi pembina KIR AA Dalem Mahendra.