BALIPORTALNEWS.COM – Upaya untuk terus mewujudkan masyarakat yang sehat serta meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat secara berkesinambungan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan Kota Denpasar terus berupaya secara gencar melaksanakan safari kesehatan gratis yang menyasar banjar-banjar di Kota Denpasar.

Setelah menyasar Banjar Kajeng, Desa Pemogan, kini Dinas Kesehatan Kota Denpasar menyasar Banjar Geladag, Kelurahan Pedungan Kecamatan Denpasar Selatan, Jumat (30/9/2016) di banjar setempat.

Adapun pengobatan yang diberikan pada safari kesehatan gratis ini meliputi pemeriksaan mata, pemberian kaca mata gratis, pengecekan tensi, timbang berat badan, pengukuran lingkar pinggang, maupun penyuluhan penanggulangan penyakit demam berdarah.

Lurah Pedungan, A.A Gede Oka dalam kesempatan tersebut sangat mengapresiasi serta menyambut baik kegiatan safari kesehatan gratis ini. Menurutnya, safari kesehatan yang gencar dilaksankan oleh Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Kesehatan, merupakan bukti kepedulian pemerintah terhadap warganya.

Baca Juga :  Danrem: Penanganan Terorisme Tugas Kita Bersama

Selain itu, kegiatan ini mendapat sambutan yang antusias dari warga Pedungan khususnya warga Banjar Geladag sendiri, terlebih lagi ada pengobatan mata serta pemberian kaca mata gratis dan ini sangat bagus sekali.

Kemudian disinggung tentang masalah kebersihan utamanya di Kelurahan Pedungan, Gung Oka menjelaskan bahwa permasalahan kebersihan menjadi tanggungjawab bersama, terlebih saat ini warga Pedungan sudah melaksanakan swakelola sampah secara mandiri yang artinya masyarakat langsung membuang sampahnya ke TPS.

Yang menjadi tantangan saat ini adalah permasalahan sampah di sungai, untuk itu ia bekerjasama dengan Desa Dauh Puri Kauh untuk bersinergi mengatasi permasalahan sampah di sungai dengan memasang jaring-jaring guna menghambat laju sampah.

Baca Juga :  Rai Mantra dan Delegasi OWHC Sepakati Heritage Tourism Yang Berkelanjutan

"Harapan kedepan terhadap penyelenggaraan safari kesehatan ini agar terus berlanjut, selain itu kami berharap ada pelayanan yang berbeda lagi selain pelayanan pengobatan gratis ini seperti  pelayanan KTP, pajak, PDAM dan lain sebagainya sehingga menjadi satu,” kata Gung Oka.

Hal senada disampaikan Kaling Banjar Geladag, Made Sutama. Ia sangat mengapresiasi langkah-langah Pemerintah Kota Denpasar dalam meningkatkan derajat kesehatan warganya, dan ini merupakan bukti kepedulian pemerintah terhadap warganya.

"Ke depan kami berhadap kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan maupun ditingkatkan, karena kegiatan ini sangat membantu warga kami terlebih para lansia. Terlebih ada pengobatan mata  serta pemberian kaca mata gratis, dan ini yang sangat ditunggu-tunggu oleh para lansia maupun warga kami,” kata Sutama.

Baca Juga :  Antari Jaya Negara Sebut Lomba Masak Makanan Sehat Bergizi, Implementasi Program Pokok PKK

Sementara salah seorang warga, Gede Wardana (62) yang menerima pengobatan mata serta kaca mata gratis mengaku sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, dimana dulunya ia agak bermasalah dengan pengelihatannya, namun kini ia bisa tersenyum sumringah. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, karena sudah diberi kaca mata gratis dan ini sangat membantu saya,” kata pria paruh baya ini. (r/ngr/hms dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini