BALIPORTALNEWS.COM – Sejak sore hari ratusan warga Banjar Kertha Petasikan Desa Sidakarya terlihat serentak mengikuti upacara Pengratep Karya, Kamis sore (13/10/2016) di Pura Bhagawan Penyarikan, Banjar Kertha Petasikan, Desa Sidakarya, Denpasar Selatan. Dimana upacara Pengeratep Karya ini dihadiri dan disaksikan langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus ngaturang punia.

Hadir juga dalam kesempatan ini Kepala Bagian Kesra Setda Kota Denpasar I Gst Bagus Mataram, Camat Denpasar Selatan AA Gde Risnawan, Bendesa, Lurah, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama setempat.

Sebelum upacara Pengratep Karya Pura Bagawan Penyarikan, acara di awali dengan tarian Rejang Dewa, Baris dan Tari Topeng Sidakarya. Manggala Karya yang sekaligus Kelian Banjar Kertha Petasikan I Made Suparta mengatakan, Pengratep Karya Pura Bagawan Penyarikan ini merupakan yang ke tiga kalinya dilaksanakan selama tiga tahun terakhir ini, yang mana pada awalnya sudah dimulai dari tahun 2014, dan yang ketiga ini adalah yang terakhir usai dilaksanakan renovasi Pura Bagawan Penyarikan di Banjar Kertha Petasikan pada tahun 2014 silam, yang mana Pura ini sebenarnya sudah berdiri pada tahun 1984.

Pengratep Karya ini sebenarnya dilaksanakan tepat pada piodalan Pura Bagawan Penyarikan yang jatuh pada Ping Telulas Purnama Kapat, akan tetapi karena warga Banjar Kertha Petasikan dominan pendatang dengan jumlah 115 KK yang beragama Hindu dan 100 KK lagi umat non Hindu, pada saat Purnama Kapat mendatang pasti akan banyak yang melaksanakan persembahyangan di kampung halaman mereka masing-masing, jadi puncak Pengratep Karya di laksanakan hari ini.

Lebih lanjut Suparta mengatakan, dudunan karya sudah dimulai sejak hari Minggu 2 Okteber lalu dengan upacara Nuasen Karya dan puncak karya pada hari ini 13 Oktober dilanjukan pada hari Minggu 16 Oktober dengan upacara nyineb. Upacara ini dipuput oleh  Ida Pedanda Gede Putra Manuaba, dari Griya Kutat Sanur.

“Kami bersama warga mengucapkan terimakasih kepada warga Banjar Kertha Petasikan dan semua pihak yang telah membantu sampai upacara ini selesai terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Ia juga merasa bahagia dan bangga Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dapat hadir menyaksikan upacara Pengratep Karya ini dan telah memberikan perhatian dan Dana Punia sebagai stimulan kepada warga Banjar Kertha Petasikan. Ditambahkannya lagi, dengan dilangsungkan upacara ini kedepan diharapkan tercipta suasana harmonis antar warga Banjar Kertha Petasikan dan  mampu meningkatkan kerukunan antar sesama warga dan umat beragama. (ays’/hms dps/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini