BALIPORTALNEWS.COMKomitmen Pemerintah Kota Denpasar mengembangkan sektor pariwisata yang berwawasan budaya terus digencarkan, melalui Dinas Pariwisata Daerah Kota Denpasar (Diparda) dengan penanaman kesadaran masyarakat pada Sabtu (22/10/2016) melaksanakan penyuluhan kepariwisataan melalui media wayang cenkblonk di Pasar Kerta Waringin Sari Desa Pakraman Anggabaya.

Antusias warga menyaksikan pagelaran cenkblonk diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengembangan sektor pariwisata daerah, demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Daerah Kota Denpasar Drs. Wayan Gunawan saat membuka penyuluhan kepariwisataan.

Kota Denpasar sebagai Ibukota Provinsi Bali yang merupakan Destinasi utama Pariwisata Indonesia menempatkan pariwisata sebagai sektor unggulan. Hal ini sejalan dengan agenda pembangunan Kota Denpasar dalam Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah (RPJMD) Kota Denpasar 2016-2021 bahwa pariwisata dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat (welfare society) menuju kebahagiaan.

“Sektor pariwisata menjadi harapan dalam peningkatan perekonomian Kota Denpasar yang akan berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat”, ujar Gunawan.

Pembangunan pariwisata lebih lanjut Wayan Gunawan mengatakan, memerlukan dukungan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata. Masyarakat merupakan salah satu unsur penting pemangku kepentingan untuk bersama-sama dengan pemerintah dan kalangan usaha/ swasta bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan kepariwisataan. Pembangunan pariwisata harus memperhatikan posisi, potensi dan peran masyarakat baik sebagai subjek atau pelaku maupun penerima manfaat pengembangan kepariwisataan.

Melalui pelaksanaan kegiatan penyuluhan kepariwisataan dengan media wqtqng cenkblonk diharapakan dapat menumbuhkan sadar wisata masyarakat. “Pelaksanaan penyuluhan kepariwisataan dengan harapan masyarakat dapat memahami arti penting pengembangan pariwisata dan menumbuhkan sadar wisata dalam rangka menciptakan kondisi yang kondusif di Kota Denpasar, melalui sapta pesona yaitu menciptakan kondisi destinasi yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan menciptakan kenangan yang positif bagi wisatawan yang berkunjung”, kata Gunawan.  

Gunawan mengatakan, Pelaksanaan kegiatan penyuluhan kepariwisataan pada tahun ini dilaksanakan di kelurahan penatih dengan dasar pertimbangan bahwa Kelurahan Penatih dikembangkan menjadi salah satu Desa wisata di Kota Denpasar. Oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mendukung dan berperan aktif dalam pengembangan Desa wisata Penatih dan pembangunan kepariwisataan di Kota Denpasar.

Untuk lebih memotivasi kehadiran masyarakat dan lebih menarik serta masyarakat lebih dapat memahami materi yang disampaikan, penyuluhan pada tahun ini dilaksanakan melalui pagelaran wayang cenkblonk.

Dalam kegiatan ini, Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara didampingi Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Anggota DPRD, Camat Denpasar Timur Dewa Made Puspawan serta SKPD di Kota Denpasar ikut serta menyaksikan pegelaran penyuluhan kepariwisataan melalui media wayang Cenkblonk dan berbagai tarian di Pasar Kerta Waringin Sari Desa Pakraman Anggabaya(eka/hms dps/bpn)    

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini