BALIPORTALNEWS.COM – Gempa bumi tektonik berkekuatan 6,5 SR mengguncang wilayah New Britain, Papuanugini, Senin (17/10/2016). Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul 13.15.02 WIB, dengan episenter terletak pada koordinat 6,11 LS dan 148,81 BT, tepatnya di laut pada jarak 151.8 km arah baratdaya Kimbe pada kedalaman 75 km.

Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan kuat di daerah dekat pusat gempa seperti Kumbun, Demgalu, Mielelek, Ekrek, Winguru, Omoi, dan Wako, dalam skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). Ditinjau dari skala intensitasnya, gempa bumi ini diperkirakan dapat menyebabkan kerusakan ringan pada bangunan tembok sederhana.

Baca Juga :  Bupati Suwirta Serahkan Bantuan untuk Warga Terdampak Musibah Gempa Bumi di Karangsem

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng. Dugaan kuat subduksi Lempeng Laut Solomon yang menyusup ke arah utara di bawah Lempeng Bismarck Selatan mengalami deformasi di zona Benioff tepat di bawah lepas pantai selatan Kepulauan New Britain.

Patut disyukuri bahwa, meskipun pusat gempa bumi ini berada di laut dan memiliki mekanisme sesar naik, tetapi karena hiposenternya di kedalaman menengah, maka gempabumi ini tidak berpotensi tsunami. ***

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini