BALIPORTALNEWS.COMBupati Badung I Nyoman Giri Prasta melaunching pelaksanaan pendataan administrasi kependudukan secara online melalui Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di  Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Selasa (11/10/2016) di Kantor Desa Punggul. Launching SIAK Desa Punggul tersebut juga ditandai dengan perekaman e-KTP dan pembuatan kartu keluarga bagi masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Anggota DPRD Badung Gede Suardika, Kadisduk Capil I Nyoman Soka, Kadishubkominfo I Wayan Weda Dharmaja, Camat Abiansemal Putu Ngr. Thomas Yuniarta serta Perbekel se-Kecamatan Abiansemal.  

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menyampaikan apresiasi kepada Perbekel Punggul yang telah melakukan inovasi melalui SIAK ini. Hal ini sebagai salah satu implementasi dari visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Badung dalam upaya pendekatan pelayanan kepada masyarakat serta mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat dan tepat bagi masyarakat Badung. Giri Prasta menilai SIAK ini sangat penting dalam upaya memberikan data penduduk Badung yang update dan akurat.

Bupati menginginkan di Badung kedepan Desa-Desa di Badung menggunakan smart desa (desa cerdas) yang nantinya akan dicanangkan untuk betul-betul menjadi desa berdikari dan mandiri. "Kami komit untuk mewujudkan desa cerdas dan desa mandiri yang bisa berdiri diatas kakinya sendiri," jelasnya. 

Melalui sistem online SIAK ini kedepan masyarakat akan dimudahkan dalam pelayanan administrasi kependudukan seperti pembuatan Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) termasuk akte catatan sipil lainnya. Dengan penerapan SIAK ini merupakan salah satu langkah menuju Badung Smart City.

Selain aplikasi dibidang administrasi kependudukan, Badung kedepan juga akan membuat aplikasi dibidang kesehatan maupun pertanian. Di kesehatan, masyarakat badung akan diberikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Badung Sehat (KBS).

"Kami juga kedepan membuat aplikasi dengan program e-healty, bila ada masyarakat Badung yang sakit cukup menunjukkan wajah saja, sehingga penyakit yang diderita sudah diketahui, tidak ada rujukan lagi sehingga poliklinik dapat segera melakukan tindakan dan tidak menunggu antraian," tambahnya. 

Sementara Perbekel Punggul Kadek Sukarma menjelaskan, tujuan dari penerapan SIAK di Desa Punggul ini guna mempermudah pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil di Desa Punggul. Selain itu meningkatkan keakuratan data pelayanan administrasi kependudukan dan kepemilikan dokumen kependudukan berupa KK, KTP dan akte.

Melalui sistem SIAK ini diharapkan kedepan pelayanan administrasi kependudukan dapat dilaksanakan di tingkat Desa/Kelurahan dengan tetap melakukan koordinasi sistem data secara online yang dikendalikan oleh Kecamatan dan Disdukcapil Badung.

"Sistem ini juga akan memberi dampak pada lebih akuratnya data kependudukan, karena data yang diperoleh sudah langsung dari tingkat bawah, yang secara online sudah terkoneksi dengan Kecamatan, Disdukcapil dan Pusat," jelasnya. (hms badung/bpn)

 

Keterangan Foto : Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat launching pelaksanaan pendataan administrasi kependudukan secara online melalui SIAK di Kantor Desa Punggul, Kecamatan Abiansemal, Selasa (11/10/2016).

 

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini