BALIPORTALNEWS.COMKomando Distrik Militer (Kodim) 1616/Gianyar bekerjasama dengan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Gianyar dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar menggelar pelayanan program keluarga berencana (KB) keliling di Kampung KB di Banjar Marga Sengkala, Desa Bedahulu, Blahbatuh, Gianyar, Rabu (14/9/2016).

Dandim 1616/Gianyar,  Letkol Berto SP Capah mengatakan pelayanan KB gratis merupakan bagian dari program layanan TNI terhadap masyarakat selain di bidang pertanian. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan keluarga berkualitas. ”Kami apresiasi antusias warga yang sadar dalam mendukung program pengendalian penduduk,” kata Dandim 1616/Gianyar.

Beto menambahkan,  TNI ingin sepenuhnya terlibat langsung dalam pelayanan tersebut. Salah satunya dengan mengimbau kepada jajarannya untuk turut menjadi pelopor vasektomi. Ada beberapa anggotanya yang sudah melakukan MOP dan diundang untuk memberi testimoni terhadap masyarakat.

Baca Juga :  Kementerian Sosial RI dan Ajik Krisna Bersatu Membuka Peluang Kerja Bagi Difabel di Bali

”Biasanya usai mendengar pengalaman anggota kami, ada saja warga pria yang tertarik untuk vasektomi,” ujar Beto.

Dandim/16161, Gianyar berharap bahwa warga semakin paham akan pentingnya mengendalikan jumlah penduduk, agar tidak sampai kebablasan memiliki banyak anak. Sebab, kebutuhan ekonomi semakin hari semakin meningkat dan biaya kehidupanpun sangat tinggi. ”Dua anak saja cukup ,” jelasnya.

Kepala BPPKB Gianyar,  Ida Ayu Sri Ambari mengatakakan minat masyarakat untuk mengikuti program KB semakin meningkat dari tahun ke tahun terutama kaum pria.Hal tersebut berdasarkan data tahun 2015 ditargetkan 50 akseptor, terealisasi 70 orang. Hingga bulan September tahun 2016 sudah mencapai 33 orang dari 50 orang yang ditargetkan.Sementara untuk Oktober 2016 sudah ada 20 calon akseptor yang disiapkan.
Ida Ayu Ambari menambahkan tidak ada diskrimasi terhadap program layanan KB ini. Seluruh warga agama atau etnis apapun, asal memiliki KTP wilayah Kabupaten Gianyar, maka akan tetap mendapatkan pelayanan tersebut.

Baca Juga :  Ucap Syukur, DPD Gerindra Bali Melakukan Persembahyangan ke Pura Batur dan Besakih

Hal tersebut dibuktikan, dengan hadirnya puluhan warga umat muslim yang turut berpartisipasi. Mereka pun berbaur dengan warga lokal dan mendapatkan pelayanan terbaik dari petugas kesehatan. ”Kedepan, pelayanan akan semakin intens, sehingga makin banyak masyarakat Gianyar terlayani,”ujar istri Sekda Gianyar, IB Gaga Adi Saputra tersebut.

Salah seorang peserta Wayan Kutarini (41) warga Banjar Marga Sengkala, Blahbatuh, Gianyar menyatakan kepuasannya atas layanan KB gratis tersebut. Dia mengaku sama sekali tidak ada keluhan dan sangat nyaman memakai KB melalui inplan yang dipasang di bagian pertengahan lengan.

Baca Juga :  Taman Safari Indonesia Hadirkan Bali Royal Chilli Festival 2024, Kupas Resep Sambal Legendaris Kerajaan di Bali

Pihaknya mengaku lebih nyaman, ketimbang cara akrd yang dipasang dileher rahim.Pihaknya menyatakan tahun depan suaminya dianjurkan untuk melakukan KB. (agy/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News