BALIPORTALNEWS.COM – Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Drag Race 2016 putaran kelima sukses diselenggarakan di Pangkalan Udara (Lanud) Tabing, Padang, Sumatera Barat, Minggu (4/9/2016) pekan lalu.

Perlombaan yang digagas oleh Brigade Otomotif Sport Club (BOSC) dengan mendapat dukungan penuh dari Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini diikuti oleh sebanyak 91 peserta yang didominasi oleh para pebalap asal Padang.

M. Irvan selaku pebalap tuan rumah berhasil menyabet gelar juara umum dengan total poin yang berhasil dikantonginya sebanyak 25. Hasil tersebut diraih setelah keberhasilannya masuk podium di beberapa kelas yang diikutinya.

Di kelas Sedan 4 Cyl 2500 cc Modifikasi, Irvan yang memperkuat MBS Motorsport Team sukses menduduki posisi kedua dengan catatan waktu 28,306 detik. Ia finish di bawah Roland Mahardika yang berhasil mencatatakan waktu 10,149 detik.

Sementara di peringkat ketiga, terdapat nama Fauzi Radja dengan torehan waktu 29,470 detik. Torehan waktu Irvan dan Fauzi yang berbeda jauh dari Roland disebabkan hukuman jump start yang mereka peroleh.

Tercatat bahwa hampir semua peserta di kelas Sedan 4 Cyl 2500 cc ini mendapatkan hukuman serupa sehingga menyebabkan Roland menjadi satu-satunya peserta yang meraih kemenangan dengan torehan waktu sempurna.

Keluarnya Irvan sebagai juara umum juga berkat dirinya yang berhasil menempati posisi kedua di kelas Bracket 10 detik dan posisi keempat di kelas Minibus 2000 cc Stock.

Sementara posisi kedua dan ketiga juara umum masing-masing diduduki oleh Yose Rizal asal Padang yang memperkuat H. Cap Knalpot & Saiyo Team dengan total poin 17 dan Wawan PG asal Pekanbaru yang memperkuat Prima Garage Team dengan total poin 15.

Keduanya juga tercatat menjadi juara pertama di kelas-kelas yang diikuti oleh mereka. Jika Yose berhasil keluar sebagai juara satu di kelas Jeep 1700 cc Stock Non SUV, lain halnya dengan Wawan yang merajai podium di kelas Sedan 2500 cc Stock.

Cuaca cerah di Lanud Tabing turut menjadi saksi akan persaingan ketat yang terjadi di kelas Bracket 11 detik. Lima pebalap teratas mengantongi catatan waktu yang sangat tipis satu dengan lainya.

Di posisi pertama, Eka Pratama dengan mobil Toyota Vios mencatat waktu terbaiknya yaitu 11,093 detik. Mengikuti di posisi kedua Wawan PG asal Pekanbaru dengan torehan waktu 11,160 detik.

Di kelas ini, dua pebalap yang sama-sama memperkuat Buyuang Tando Motor Team, Beni Eka Putra dan Dedi Kurniadi, harus melakukan pertarungan ekstra ketat untuk memperebutkan tempat ketiga.

Namun pada akhirnya, Beni berhasil memperoleh catatan waktu yang lebih baik dari Dedi sehingga menempatkannya di podium ketiga. Ia mengakhiri perlombaan dengan waktu 11,220 detik. Dedi sendiri harus rela menempati peringkat keempat dengan waktu 11,229 detik atau hanya selisih 9 milidetik dari Beni.

Dalam kejuaraan yang memperlombakan sebanyak 15 kelas ini, turut hadir Kadisops Lanud Tabing, Mayor Lek Yudo Purwanto, Biro Olahraga Mobil IMI Sumatera Barat, Nabiel Vitriady, Pengawas Perlombaan IMI Pusat, Dharma Sradha dan Atok Budiarto.

Kejurnas Drag Race 2016 masih menyisakan tiga putaran dari total delapan putaran tahun ini. Putaran keenam sendiri bakal diselenggarakan di Yogyakarta, pada 25 September mendatang. (r/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini