BALIPORTALNEWS.COM – Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Gianyar, mendata jumlah penderita kanker di Kabupaten Gianyar cenderung mengalami peningkatan. Kanker payudara menempati posisi teratas dengan 45 penderita, kanker hati 40 orang, kanker leher rahim 25 orang, kanker paru-paru 22 orang dan kanker lambung sebanyak 12 orang.“Mengapa penderita kanker cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya?  Ini yang menjadi tantangan bagi kita semua. Selain faktor genetika, pola dan gaya hidup yang tidak sehat menjadi pemicu terbesar penyakit kanker,” ujar  Ketua YKI Cabang Gianyar, Surya Adnyani Mahayastra saat pembinaan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) di SMKN 2 Sukawati,Selasa (27/9/2016).

Baca Juga :  Resor Butik The Purist Villas & SPA, Perpaduan Mewah Kebudayaan Tradisional Indonesia dan Gaya Eropa Kontemporer di Ubud

Menurut Adnyani Mahayastra, gaya hidup yang tidak sehat dapat diubah dan bisa dilatih sejak kecil. Asalkan mau sadar dan berusaha betapa pentingnya hidup sehat tersebut."Untuk apa kita bergaya hidup modern, makan makanan yang tidak sehat, merokok dan lain sebagainya. Namun dari gaya hidup tersebut mengakibatkan kita terserang berbagai macam penyakit," ujarnya.

Untuk itulah,  ia tidak pernah lelah dan bosan mengingatkan berharap kepada para generasi muda ini untuk selalu menerapkan pola hidup sehat sedini mungkin. Hidup sehat itu malah lebih murah dan tidak menghabiskan biaya yang banyak. Tidak perlu keluar uang buat beli rokok, makan makanan junkfood, minuman beralkohol dan lain-lainnya.  Makan makanan yang disediakan di rumah karena terjamin kebersihannya, minum air putih dan berbagai pola hidup sehat lainnya.

Baca Juga :  Sebagai Bentuk Dukungan, Jurnalis Bali Berkumpul Gelar Deklarasi Sukseskan WWF Ke-10 Tahun 2024 di Bali

Pada para siswa SD,SMP dan SMK yang akan mengikuti lomba PKTP tingkat provinsi ini, Adnyani Mahayastra berharap, pengetahuan yang mereka dapatkan selama pembinaan ini dapat ditularkan kepada teman-teman lainnya di sekolah, dirumah dan lingkungan tempat tinggalnya. 

Seperti diketahui tahun ini untuk lomba PKTP Kabupaten Gianyar diwakili oleh SDN 5 Saba Blahbatuh, SMPN 2 Tampaksiring dan SMKN 2 Sukawati.

Materi yang diberikan disesuaikan dengan tingkat pendidikan mereka. Untuk tingkat SD diberikan materi PHBS, pola makan baik mencegah kanker, perilaku merokok penyebab kanker. Untuk SMP materi sama hanya di tambah dengan materi Sadari (Periksa Payudara Sendiri), sedangkan untuk tingkat SMA/SMK disamping materi diatas juga ditambah dengan pencegahan kanker leher rahim dan pengenalan pap smear.

Baca Juga :  Dukung Bali United, Pj Gubernur Bali Saksikan Laga Saat Jamu Persib Bandung

Kepala SMKN 2 Sukawati, Gusti Ngurah Made Umbara mengatakan pihaknya berjanji akan menampilkan yang terbaik saat penilaian lomba PKTP nanti. Juara bukanlah target utama, namun bagaimana para siswa memahami betapa berbahayanya penyakit kanker dan tahu bagaiman mencegahnya itulah yang sangat penting. (r/humas pemkab gianyar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News