BALIPORTALNEWS.COM – Kabupaten Gianyar sebagai daerah seni, semestinya rutin menggelar lomba Utsawa Dharma Gita tingkat Kabupaten. Selain bertujuan untuk mencari duta kabupaten  tatkala lomba Utsawa Dharmagita Tingkat Propinsi Bali, juga memberi ruang kepada para peminat.

Ketua Widya Saba Dharma Gita Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Susana menyampaikan hal tersebut disela-sela pelepasan peserta lomba Utsawa Dharma Gita ke Tingkat Provinsi Bali ke-27 di ruang sidang Kantor Bupati Gianyar, Jumat (23/9/2016).

Keprihatinanya ini mengingat selama ini perlombaan Utsawa Dharma Gita hanya sebatas dilombakan pada saat Porsenijar tingkat kabupaten. Itu pun hanya beberapa katagori saja yang dilombakan. Sementara ditingkat  provinsi lebih dari 7 katagori dilombakan di antaranya pembacaan sloka, menghafal sloka, geguritan, cerdas cermat agama Hindu, dharma wacana, kidung remaja, kekawin remaja dan palawakya. “Ironisnya masih banyak para generasi muda yang tidak tahu apa itu utsawa. Semestinya lomba Utsawa Dharma Gita tingkat Kabupaten rutin dilaksanakan,” harap I Gusti Ngurah Susana.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana usai pelepasan peserta Utsawa Dharma Gita mengatakan pemilihan peserta Utsawa tahun ini diambil dari peserta saat Porsenijar,  sekaa pesantian dan beberapa sanggar seni.  

Diakui, peminat Utsawa Dharma Gita di Kabupaten  Gianyar sangat tinggi khususnya generasi muda sehingga ke depan pihaknya akan lebih mengintensifkan perlombaan tingkat kabupaten sehingga menjadi ruang bagi masyarakat untuk berkesenian khususnya Utsawa Dharma Gita. "Lomba Utsawa Dharma Gita penting untuk diikuti sebagai penuntun generasi muda melestarikan budaya Bali,”harap  I Gusti Ngurah Wijana.

Peserta lomba Utsawa duta Gianyar berjumlah 69 orang akan mengikuti perlombaan mulai 27 hingga 29 September 2016 di Taman Budaya, Denpasar. Selanjutnya akan diadakan lomba Utsawa Dharma Gita tingkat nasional tahun 2017 mendatang yang dilaksanakan di Kota Jakabaring, Palembang. (r/humas pemkab gianyar/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini