BALIPORTALNEWS.COM – PT Jasa Raharja Cabang Bali selama tiga hari mulai Rabu-Jumat (21-23/9/2016) mengadakan pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) penerima dana program kemitraan bina lingkungan (PKBL). Diklat berlangsung berlangsung di Hotel Swiss Bell, Tuban, Kuta, Badung, dibuka Plt. Kepala Jasa Raharja Cabang Bali, Mateus Sitanggang, S.E.

Mateus Sitanggang mengatakan, disamping sebagai penyelenggara asuransi sosial dan wajib, Jasa Raharja juga melaksanakan program kemitraan BUMN dengan usaha kecil dan program bina lingkungan. Program kemitraan BUMN ini untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari laba BUMN.

Dia menambahkan, wujud dari penyelenggarakan program kemitraan itu berupa pemberian pinjaman modal kerja dengan bunga lunak. Sedangkan program bina lingkungan dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah yaitu meliputi pembangunan sarana umum dan sarana ibadah, peningkatan pendidikan dan kesehatan serta pemeliharaan lingkungan dan bantuan bencana alam.

‘’Program kemitraan ini juga perwujudan komitmen sebagai perusahaan yang peduli dan peka terhadap lingkungan sekitar dengan mendukung Program Pemerintah khususnya Kementerian BUMN yang meningkatkan Corporate Social Resonsbility (CSR) di mata masyarakat sehingga peran Jasa Raharja makin dikenal oleh masyarakat luas,’’ terangnya.

Mateus Sitanggang mengatakan pelatihan ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dari UMKM  tersebut dalam mengelola usaha yang ditekuni. Langkah ini dilakukan supaya kualitas SDM  terhadap pengetahuan dalam pengelolaan usaha meningkat dan berdampak positif untuk maju berkembang serta mandirinya usaha tersebut.

Mateus Sitanggang menyebutkan, dengan adanya program kemitraan (PK) PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali telah menyalurkan bantuan berupa pinjaman lunak bersyarat yang diberikan kepada mitra binaan di tahun 2016 sebesar Rp 950.000.000, dan sampai dengan tahun 2016 jumlah yang telah disalurkan kepada mitra binaan mencapai Rp 19.152.000.000, dengan jumlah mitra binaan PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Bali telah mencapai 987 mitra binaan.

Sementara materi pelatihan meliputi peran Jasa Raharja dalam membina UKM yang memberikan pemahaman  tentang manajemen usaha kecil dan pemanfaatan IT dalam mengembangkan usaha. Tata cara pengelolaan keuangan usaha kecil. Pemasaran UMKM, kewirausahaan/pengembangan usaha serta motivasi dan leadership.

Mateus Sitanggang menambahkan, masyarakat yang memerlukan informasi tentang pengurusan santunan Jasa Raharja, dapat menghubungi Kantor Cabang Bali, Jl. Hayam Wuruk No.202 Denpasar, Telp. (0361) 235120, 227042. Kantor Perwakilan Singaraja, Jl. Jend. Sudirman No.72 Singaraja, Telp. (0362) 25616. Kantor KPJR Negara, Jl. Yos Sudarso No. 18 Negara, Telp. (0365) 40129. Kantor KPJR Gianyar, Jl. Darma Giri No. 83 Gianyar, Telp. (0361) 8958303 / 8958304. Dan, dapat menghubungi SMS Center Jasa Raharja di Nomor 0812 10 500 500 atau klik website www.jasaraharja.co.id.  Contact Center : 1500020 serta dapat pula menghubungi petugas Jasa Raharja di seluruh Kantor Samsat di Bali. (tis/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini