BALIPORTALNEWS.COM – Di iklim yang nggak beraturan ini, kadang kalau adem, adeeeem banget, hampir tiap hari kadang bisa hujan. Tapi kalau sekalinya panas, wuidih, panasnya kadang bikin orang sadar dan mikir, “Panas di dunia aja kayak gini, gimana nanti di neraka?”

Menghadapi cuaca panas emang enaknya dengan yang dingin-dingin. Bayangin kalau lagi panas-panas trus es buah blusukan di tenggorokan? Atau lagi panas-panas mandi air kawah? Nikmat banget. Tapi ternyata enggak buat dingin-dinginan di dalam mobil pas lagi panas.

 Kadang (atau jangan-jangan sering?), ketika lagi jalan-jalan trus parkir di tempat panas, begitu balik lagi ke mobil langsung buru-buru nyalain AC. Kipasnya digedein, tingkat kedinginannya juga dimaksimalin, itu semua biar mobilnya cepet dingin. Kalau kalian semua termasuk ke dalam golongan itu, mulai dari sekarang, hentikan. H-e-n-t-i-k-a-n!

Dari penelitian para ahli, ternyata radiasi sinar matahari itu apabila bercampur dengan bahan-bahan yang ada di dalam kabin mobil kayak plastik, pengharum ruangan, bahan pelapis jok, dapat menimbulkan reaksi kimia yang dapat menghasilkan berbagai zat baru. Salah satunya yang paling berbahaya adalah Benzena. Tau apa itu Benzena? Nih dia:

Benzena adalah zat yang bisa bikin kita kena kanker. Nggak cuma kanker aja sih, dia juga bisa meracuni tulang-tulang dalam tubuh, bisa bikin anemia, bisa bikin keguguran, dan dalam jangka panjangnya, juga bisa bikin leukemia. Sebenarnya AC-nya itu nggak berbahaya, tapi AC ini yang bikin zat-zat kimia berbahaya itu terhirup ke dalam tubuh.

Dalam teorinya, Benzena itu nggak apa-apa masuk ke dalam tubuh, asalkan, kadarnya di bawah 500 miligram. Waktu mobilmu terparkir di tempat adem dalam keadaan kaca mobil tertutup rapat, ternyata itu menghasilkan Benzena sebesar 400-800 miligram lho, guys. Dan ketika dia berada di tempat yang panas, jumlahnya jadi naik lima kali lipat, bisa 2000-4000 miligram!

Mungkin banyak yang baru tau. Coba inget-inget deh, pernah nggak waktu panas dan tiba-tiba nyalain AC, kepalamu pusing, ngantuk, atau bahkan langsung lemas? Kalau iya, itu efek Benzena-nya. Dalam jangka panjang bahaya banget.

Mulai dari sekarang, kalau kalian parkir di tempat panas, begitu masuk mobil jangan langsung nyalain AC, tapi buka dulu kacanya biar udaranya pada keluar. Minimal lima menit. Setelah itu, baru deh mau nyalain AC bobok yang kayak di kamar-kamar juga gapapa.

Tapi sekadar saran sih, ada baiknya mau itu parkir di tempat adem atau panas, kaca mobilnya dibuka sedikit. Zat kimia berbahaya selalu ada di sekeliling kita.

 jadi, lebih hati-hati ya, guys! By the way, kalian baru tahu atau enggak? (tra/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini