Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Derita Luh Siki (65) dikenal sebagai Dadong Siki yang sempat menjadi pemberitaan di sebuah media cetak, mendapat respon dari Gubernur Bali Made Mangku Pastika.

Tim utusan Gubernur Pastika pun kemudian menyambangi kediaman Dadong Siki di Dusun Kalanganyar, Desa Banjarasem, Kecamatan Seririt, Buleleng, Rabu (21/9/2016).

Di usianya yang senja, Dadong Siki mulai sakit-sakitan, ia harus memikul tanggung jawab untuk menghidupi anak semata wayangnya, Luh Ayu 35, yang menderita gangguan jiwa sejak kecil. Kondisinya semakin diperparah  karena Ia  sudah tidak mampu berjalan.

Untuk bertahan hidup sehari-hari hanya dari bantuan dan kepedulian pemerintah setempat. Bahkan yang bersangkutan belum tersentuh bantuan dari pemerintah seperti bantuan beras miskin maupun uang tunai karena tidak memiliki Kartu Keluarga (KK)

Baca Juga :  Berusia 60 Tahun, Wakil Bupati Buleleng Terima Suntikan Pertama Vaksin Covid-19

Hasil pemantauan tim Biro Humas, Dadong Siki dan putrinya tinggal dia sebuah kamar berukuran 3 x 3 meter yang dibuatkan secara gotong royong oleh masyarakat dikoordinir oleh pihak dusun di sana.

Sementara menurut Perbekel Banjarasem yang menerima, I Gede Arya Jana, Dadong Siki pernah akan dititipkan di Panti Jompo setempat, namun ditolak karena nenek yang malang ini tidak mampu berjalan akibat luka di kakinya setelah jatuh.

“Maka untuk keperluan sehari-hari, masyarakat secara swadaya menyiapkan bantuan makanan hingga memasakannya karena kepedulian warga di sini sangat tinggi,” bebernya.

Selain itu, ditambahkannya, anaknya Luh Ayu juga sempat dirawat di RSJ bangli , ketika kondisnya  membaik akhirnya dipulangkan. “Namun setelah sampai di rumah, kondisinya memburuk lagi,” imbuhnya.

Kondisi Dadong Siki  yang memprihatinkan ini sempat menjadi viral di media sosial (medsos) dan mendapatkan banyak bantuan dari masyarakat yang peduli.

Tercatat  banyak relawan yang telah mengunjungi rumahnya serta memberi bantuan termasuk Dinas Sosial Kabupaten Buleleng.

Pada kesempatan itu Tim menyerahkan bantuan sembako dan uang tunai dari Gubernur Pastika, dans elanjutnya  keadaan Dadong Siki akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan instansi terkait.

Baca Juga :  Penjabat Bupati Buleleng Ingin Maksimalkan Pajak Daerah Yang Sesuai Kewenangan

Tindakan responsif ini diharapkan semakin menggugah rasa kepedulian masyarakat terhadap keadaan sesamanya yang membutuhkan. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini