Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Gubernur Bali, Made Mangku Pastika mengingatkan atlet yang akan berlaga pada PON ke-19 di Jawa Barat, agar berjuang dengan semangat ‘’puputan’’ dan pantang menyerah.

“Kalian harus berjuang dengan semangat habis – habisan, dengan semanagt puputan yang berlandaskan perasaan jengah, tidak ada kata menyerah, orang Bali itu berjuang sampai mati,” tegas Pastika saat melepas kontingen Bali ke PON Jawa Barat di halaman depan Kantor Gubernur Bali, Renon, Denpasar, Jumat (2/9/2016).

Pastika yang juga mengharapkan kedisiplinan dari para atlet tersebut. “Tanpa kedisiplinan kalian akan kalah, jadi jangan main – main,” imbuh mantan Kapolda Bali ini.

Baca Juga :  Lebih Dekat dengan Konsumen, Dealer Honda Heronusa Gelar PCX Fun Ride

Selain itu, Gubernur Pastika mengingatkan setiap atlet untuk berjuang secara maksimal dikarenakan jumlah dana yang mereka gunakan sangatlah besar dan menurut pastika uang tersebut adalah uang rakyat yang harus mereka pertanggung jawabkan.

“Setiap rupiah yang kalian gunakan tersebut adalah uang rakyat yang harus kalian pertanggung jawabkan. Jadi kalian harus berusaha mengukir prestasi sehingga uang rakyat yang keluar tersebut tidak percuma. Ini bukan jalan – jalan, jangan main-main dengan uang rakyat,” tegas Pastika.

Lebih lanjut disampaikan Pastika, ia juga sangat mengharapkan prestasi Bali di ajang PON sebelumnya yakni peringkat 9 dari 33 provinsi, dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Rakerda ICSB Provinsi Bali Tahun 2021, Ajak Bersinergi Dukung Pengembangan UMKM Ciptakan Daya Saing

Menurutnya, para atlet dan official tidak boleh terlena dengan hasil PON yang lalu. Upaya mempertahan kan atau meningkatkan tidak semata-mata hanya peringkat saja namun juga peningkatan jumlah perolehan medali.

Pastika juga menyadari bahwa hal tersebut tidaklah mudah dan penuh tantangan, namun ia sangat meyakini bahwa komitmen tinggi dari para pembina dan pelatih serta para atlet ditambah dengan dukungan moril dari masyarakat Bali akan mampu memberikan aura positif untuk meraih prestasi yang lebih baik.

Sementara itu Ketua KONI Bali I Ketut Suwandi dalam laporannya menyatakan bahwa jumlah atlet yang dikirim ke ajang PON ke-19 sebanyak 360 atlet yang nantinya akan bertarung di 36 cabang olahraga.

Baca Juga :  Atasi Over Kapasitas, Rencana Perluasan Lapas Kerobokan Menunggu Keputusan Gubernur Bali

Selain itu para atlet nantinya juga akan didampingi oleh 122 orang official. Ia juga melaporkan, walaupun PON XIX berlangsung dari 17-29 September 2016, namun  terdapat beberapa cabang olahraga yang pelaksanaannya mendahului yakni cabang sepak bola dan cabang renang.

Oleh karena itu, ia menjelaskan bahwa pemberangkatan para atlet dan official akan dilakukan secara bertahap mulai dari 11 September 2016. Ia juga menyampaikan bahwa untuk PON ke-19, KONI Bali menargetkan 20 medali emas dan berharap kontingen Bali mampu untuk mempertahankan peringkat atau bahkan naik peringkat. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here