Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Untuk lebih meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Gianyar, dimana tidak hanya peningkatan mutu pelayanan, namun juga kualitas sumber daya manusia (SDM) dan penguatan kerjasama lintas sektor sebagai dukungan terhadap kesehatan, Pemkab Gianyar melalui Dinas Kesehatan Gianyar tahun 2016 mengajukan tiga puskesmas untuk dilakukan survey akreditasi.

Tiga puskesmas yang dinilai yakni UPT Kesmas Blahbatuh II, UPT Kesmas Sukawati II dan UPT Kesmas Ubud I. Acara penerimaan Survior Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama bertempat di Puri Agung Gianyar.

Baca Juga :  dr. Jaya Kusuma Terpilih Pimpin FHI Provinsi Bali, Bangun Sinergi Genjot Pembinaan Atlet Wujudkan Prestasi Olahraga Hockey

Kadis Kesehatan Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Cahyani Senin (29/8/2016)  mengatakan, kedatangan rombongan Tim Survior Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama diterima langsung oleh Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, I Ketut Astawa Suyasa.

Direncanakan penilaian terhadap tiga UPT Kesmas tersebut akan dilakukan tiga hari dimulai Senin (29/8/2016) hingga Rabu (31/8/2016).

Sambutan Bupati Gianyar, AA. Gde Agung Bharata  yang dibacakan oleh Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, I Ketut Astawa Suyasa, mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan penilaian ini. Akreditasi puskesmas dipandang sangat tepat  karena memperoleh sebuah pengakuan dari badan independen terhadap perubahan menuju kearah yang lebih baik dari pelayanan puskesmas.

Selain itu, akreditasi merupakan sebuah upaya dalam peningkatan mutu puskesmas dan peningkatan kapasitas pegawai puskesmas. “Semuanya tentu bermuara pada perbaikan pelayanan kepada pelanggan dalam hal ini ialah masyarakat,” jelasnya.

Baca Juga :  Program 'Pemprov Bali Hadir' Terus Berikan Bantuan kepada Masyarakat Kurang Mampu

Dikatakan, Kabupaten Gianyar memiliki 13 UPT Kesmas, satu RSUD dan lima rumah sakit swasta. Dimana pada tahun 2016 RSUD Sanjiwani Gianyar telah mendapat akreditasi dengan tingkatan Paripurna. Untuk tahun 2017 mendatang direncanakan semua puskesmas sudah dapat terakreditasi.

Ketua Tim Survior Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama, Hapris Isu mengatakan akreditasi membawa manfaat dalam upaya peningkatan mutu pelayanan, rencana pengembangan kedepannya, menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, untuk selanjutnya dijadikan motivasi peningkatan mutu pelayanan yang terstandar. (agy/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News