Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Untuk lebih meningkatkan keterampilan kaum perempuan di daerah pedesaan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar semakin gencar mengadakan pendidikan dan pelatihan. Seperti keterampilan yang digelar di LKP Santika Dewi, Banjar Dinas Pasedana, Desa Bona, Blahbatuh, Gianyar.

Para kader PKK dilatih dari tata rias wajah, tata cara pemasangan sanggul yang benar serta tata cara berpakian pengantin. Pelatihan ini diadakan dua hari, yakni Sabtu (27/8/2016) dan Minggu (28/8/2016).

Pada hari pertama, pelatihan yang diikuti 26 orang, khusus diberikan pelatihan rias pengantin Bali madya. Dan, pada hari kedua dengan jumlah peserta sebanyak 34 orang diberikan pelatihan khusus masalah rias pengantin Bali agung. Menariknya, peserta pelatihan kali ini tidak hanya yang berasal dari Gianyar, namun ada juga yang berasal dari Bangli.

Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar, Nyonya  Surya Adnyani Mahayastra mengatakan, di Bali merupakan daerah dimana dengan tata rias pengantin yang cukup menarik dari pada daerah lainnya.

Baca Juga :  Rai Mantra: PKK Jadi Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Rumah Tangga

Hal inilah menurut Nyonya  Adnyani Mahayastra mengapa memilih tata rias pengantin untuk materi pelatihan. “Saya harap ibu-ibu kader PKK dapat memanfaatkan kesempatan ini, karena dengan keterampilan ini selain dapat dimanfaatkan untuk diri sendiri juga dapat dikembangkan menjadi sebuah usaha yang tentunya dapat menambah penghasilan keluarga,” tegas Nyonya  Adnyani Mahayastra.

Ditambahkan lagi, pelatihan tata rias merupakan pelatihan yang paling diminati kalangan ibu-ibu PKK. Untuk itulah, pelatihan ini rutin diadakan dengan menyasar langsung ke banjar-banjar yang ada tiap kecamatan/ kelurahan yang ada di Kabupaten Gianyar.

Baca Juga :  Implementasikan Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber Melalui Konsep Satu Lima Berkah

Nyonya  Adnyani Mahayastra berharap ke depannya pelatihan seperti ini tidak hanya dimanfaatkan oleh kalangan ibu rumah tangga namun kaum generasi muda juga sangat perlu mengenal tata rias seperti ini.

Khusus untuk pengelola salon desa, ia juga menghimbau agar memanfaatkan pelatihan seperti ini guna menambah wawasan di bidang tata rias dan salon desa bisa berkembang serta dapat lebih dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Gianyar.

Pemilik Salon Santika Dewi, Roni menyatakan, terimakasih atas diselenggarakannya pelatihan ini. Ia berharap ke depannya kegiatan seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Semarak HUT ke-9, HPCI Bali Chapter Akhiri Touring Extreme Keliling Bali

Pendidikan dan pelatihan ini merupakan kerjasama dari TP PKK beserta Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Ditjen Paudni dan Dikmas Kemendikbud. (agy/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini