Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta menegaskan, pendidikan dasar merupakan proses penanaman fondasi bagi anak-anak usia dini untuk memulai pengembangan dirinya baik dari aspek kognitif, afektif dan juga psikomotorik yang dilaksanakan secara terpadu dan terintegrasi.

‘’Penanaman pendidikan dasar oleh para pendidik di sekolah-sekolah dasar ini sangat penting untuk mengetahui minat dan bakat yang dapat dikembangkan anak-anak pada jenjang pendidikan selanjutnya yaitu jenjang pendidikan menengah,’’ ujar Sudikerta saat memberikan pengarahan pada  Rapat Koordinasi Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bali yang bertempat di Hotel Inna Grand Bali Beach, Sanur-Denpasar, Senin (22/8/2016).

Lebih lanjut, Sudikerta mengungkapkan bahwa dalam proses pembelajaran diperlukan adanya penjaminan mutu pendidikan, sehingga arah dan tujuan pencapaian kecerdasan komprehensif dapat secara jelas dipahami dan diukur tingkat ketercapaiannya.

“Perlu saya ingatkan kembali bahwa yang dimaksud dengan kecerdasan komrehensif adalah kecerdasan spiritual, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan kinestetik,” ujarnya.

Baca Juga :  Berenang Bersama Ribuan Ikan dalam Kegiatan Sanfest XI

Disamping memiliki kecerdasan komprehensif ia juga menekankan pentingnya menumbuhkan jiwa kompetitif, kesadaran lingkungan dan penumbuhan budi pekerti. Menurutnya, kondisi ini perlu ditanamkan untuk selalu siap bersaing dan memenangkan persaingan melalui kegiatan belajar sepanjang masa.

Untuk itulah perananan pendidik atau guru sangatlah strategis dan menentukan perjalanan bangsa kedepan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Sudikerta meminta seluruh komponen yang terlibat dalam dunia pendidikan baik pemerintah, keluarga, maupun tenaga pendidik agar menyatukan komitmen guna melaksanakan pembangunan pendidikan secara holistik, terintegrasi, memberikan dorongan serta dukungan kepada anak-anak untuk memperoleh pelayanan pendidikan yang sepatutnya diperoleh dari para pendidikan yang berkualitas dan berintegritas.

Sementara Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bali, Dr. I Made Alit Mariana mengungkapkan bahwa peningkatan dan penjaminan mutu pendidikan ini merupakan tanggung jawab dari setiap komponen di satuan pendidikan yang didukung oleh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota sesuai dengan kewenangan masing-masing.

Untuk peningkatan mutu sekolah secara utuh dibutuhkan pendekatan khusus agar seluruh komponen sekolah bersama-sama memiliki budaya mutu. Oleh karena  itu, dibutuhkan program implementasi penjaminan mutu pendidikan diseluruh sekolah di Indonesia dengan pendekatan pelibatan seluruh komponen sekolah.

Ia juga mengatakan bahwa, agar penjaminan mutu dapat berjalan dengan baik maka telah dikembangkan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah , yang terdiri dari Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dilaksanakan dalam seluruh satuan pendidikan dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) yaitu sistem penjaminan mutu yang dilaksnakaan oleh pemerintah, lembaga akreditasi dan lembaga standarisasi pendidikan.

Baca Juga :  Tingkatkan Kompetensi, Wakil Wali Kota Arya Wibawa Buka Pelatihan Pemandu Wisata Selancar

Berdasarkan hal tersebut, dalam rangka meningkatkan penjaminan mutu di Provinsi Bali, maka rapat koordinasi yang diikuti oleh Kabid Pendidikan Dasar, Pendidkan Menengah, Kasi Kurikulum, Pengawas serta komponen lainnya, akan melakukan beberapa macam kegiatan seperti pengumpulan data, pemetaan mutu, penentuan sekolah model serta menginventarisasi pengawas kab/kota.

Pada hasil akhir Rakor yang dilaksanakan dari tanggal 22-25 Agustus tersebut, diharapkan dapat menghasilkan persamaan persepsi dalam menerapkan sistem penjaminan mutu pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan, adanya data sasaran sekolah di berbagai jenjang pendidian, adanya data calon sekolah sasaran dan data pengawas kabupaten/kota.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali TIA Kusuma Wardhani. (bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini