Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM – Sampai saat ini di Kabupaten Gianyar terdapat 23.185 industri kreatif. Angka ini tidak menutup kemungkinan akan bertambah  dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

”Keberadaan industri kreatif ini telah mampu menyerap lapangan kerja sebanyak 114.328 pekerja atau sekitar  20% dari jumlah penduduk Gianyar,” ujar Kadisperindag Gianyar, Wayan Suamba, Minggu (21/8/2016).

Dikatakan, selain telah mampu menyerap lapangan kerja, industri kreatif di Kabupaten Gianyar  mampu memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Gianyar.

Dimana kontribusi ini menduduki peringkat III setelah pariwisata sekitar 29%, jasa sekitar 24% dan industri kreatif sebesar 18,11%.

Baca Juga :  Program Sarjana Ekonomi FEB Unud Gelar Ruang Diskusi Ekonomi

Menurut Kadisperindag,  hal ini  angka di luar dugaan dan pihaknya berharap kedepannya industri kreatif mampu berada di bawah sektor pariwisata.

Hal ini didukung di masing-masing kecamatan di Gianyar telah memiliki keunggulan tersendiri untuk pengembangan usaha kreatif. Sehingga masing-masing kecamatan bersaing untuk meningkatkan inovasi dan kualitas industri kreatifnya.

Dikatakan, Ubud sebagai wilayah pariwisata, dimana industri kreatif sangat berkembang seperti melukis dan patung. Sukawati memiliki ciri khas tersendiri dengan kerajinan perak dan emas, patung, lukisan dan industri kreatif lainnya.

Dikatakan, bila peningkatan pertumbuhan industri kreatif bisa mencapai 2% saja setiap tahunnya, diprediksi Gianyar akan kekurangan tenaga kerja. Di sisi lain, dengan pertumbuhan industri kreatif ini, secara umum, penduduk Gianyar akan mengalami peningkatan kualitas hidup.

Sedangkan pembinaan yang sering dilakukan terhadap Industri Kecil Menengah (IKM) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) diyakini  memberikan motivasi agar usahawan yang menggeluti usaha memiliki daya juang, jujur, toleransi dan selalu mencari inovasi baru.

Ditambahkan bidang industri kreatif yang ada di Gianyar sekarang ini sedang berkembang yakni aplikasi dan pengembangan game, arsitektur dan disain interior, desain komunikasi visual, disain produk, fishion,  film, animasi video, fotografi, kerajinan tangan, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa dan televisi termasuk radio.

Baca Juga :  Pangdam IX/Udayana, Tekankan Sinergitas Semua Unsur Terkait

Yang paling pesat mengalami perkembangan yakni seni rupa, seni pertunjukan, kuliner, kerajinan tangan dan desain produk. (agy/bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini