Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Upacara bendera HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan RI di lingkungan SMPN 9 Denpasar, Rabu (17/8/2016) berlangsung khidmat. Pelaksanaan upacara diikuti seluruh siswa, guru, dan pegawai SMPN 9 Denpasar. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala SMPN 9 Denpasar, Drs. Made Arawan, M.M.

Kasek Made Arawan saat itu juga membacakan teks Pancasila dan menyerahkan bendera Merah Putih kepada Paskibra untuk dikibarkan. Bahkan, bendera Merah Putih yang dikibarkan sangat disakralkan karena telah di-pasupati di Pura Majapahit yang ada di Trowulan, Mojokerto, Jatim.

Karenanya Sang Dwi Warna ini hanya dikibarkan saat peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Upacara makin kental dengan semangat nasionalisme karena saat upacara juga dinyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Usai upacara bendera, Kasek Made Arawan menerima piala dari siswa berprestasi. Agenda ini rutin dilaksanakan setiap apel HUT Proklamasi Kemerdekaan RI untuk bisa menjadi panyemangat siswa lain untuk berprestasi. Ada 20 piala yang diterima Kasek Made Arawan di acara itu.

Baca Juga :  Sambut Kemerdekaan RI, Jaya Negara dan Ketua K3S Denpasar Serahkan Bantuan Kepada Veteran

Ke-20 prestasi yang dipersembahkan siswa itu meliputi, juara III LKBB, juara I dan III cerdas cermat di Smansa, juara I video edukasi berbasis ICT tingkat SMP Kota Denpasar, juara I lomba mading se-Bali, juara I outbound dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, juara III kreativitas daur ulang tingkat Kota Denpasar serta juara I dan IIII design blog dan mading se-Bali di Smansa.

Selanjutnya, di SMAN 6 Denpasar sejumlah siswa SMPN 9 Denpasar juga menyabet juara. Di antaranya, juara III olimpiade kimia, juara III engglish speech contest, juara I dan III fotografi, juara II dan III jurnalistik, juara I dan III poster, serta juara III futsal weekend turnament.

Baca Juga :  Sekda Adi Arnawa Kukuhkan Paskibraka Kabupaten Badung Tahun 2021

Prestasi ini disambut gembira oleh Kasek Made Arawan. Namun ia tetap rendah hati dengan menyatakan semua itu berkat semangat anak-anak dan pembinaan yang intensif. Makanya, pada kesempatan istimewa itu, Arawan menyampaikan terima kasih kepada guru pembina serta terus memompa semangat siswa untuk tidak berhenti berprestasi dan tak lupa untuk selalu ingat dan berdoa pada Tuhan. ‘’Mereka ini adalah siswa yang kreatif, cerdas dan mengharumkan nama besar SMPN 9 Denpasar,’’ ujar Arawan.

Dia mengaku akan terus meningkatkan prestasi anak dengan moto ‘’Cintailah Sekolahmu Lewat Prestasi’’ dan menjadikan SMPN 9 Denpasar sebagai sekolah unggul di akademis dan non akademis. Jika selama ini SMPN 9 Denpasar sudah banyak berprestasi di bidang komputer, paskibra, pramuka dan jurnalistik, Arawan berharap ke depan mampu berprestasi di akademis.

Baca Juga :  73 Tahun Indonesia Merdeka, UGM Tingkatkan Peran Membangun Bangsa

Makanya, untuk mendongkrak prestasi akademis siswa dibentuk kelas juara di kelas VII dan VIII. Mereka yang juara I-III di masing-masing kelas dikumpulkan dan dibina khusus untuk persiapan menghadapi lomba-lomba akademis dan ujian nasional.

‘’Kami berkomitmen bulat untuk mencetak generasi emas Indonesia,’’ tandasnya.(bpn)

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini