Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra yang didampingi Ketua PKK Kota Denpasar, Ny. I.A. Selly Dharmawijaya Mantra, Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kota Denpasar, I Ketut Mister,  Asisten Administrasi Umum, IGN Eddy Mulya dan beberapa pimpinan SKPDdilingkungan Pemkot Denpasar menghadiri pembukaan Munas APEKSI (Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) ke-5 Tahun 2016.

Pembukaan ini dibuka secara langsung oleh Dirjen Otonomi Daerah Commentarial 7 Dalam Negeri RI, DR. Soni Sumarsono didampingi oleh Gubernur Jambi, Zumi Zola Sulkifli, Walikota Jambi, H. Syarif Fasha, Rabu (27/7/2016) di Abadi Convention Centre, Kota Jambi. Kegiatan Munas APEKSI ini juga dihadiri oleh 98 Walikota se-Indonesia yang berlangsung dari tanggal 26 sampai 28 Juli mendatang. Sebelumnya, pada Selasa malam (26/7/2016) bertempat di Hotel Ratu Convention Centre, Walikota Rai Mantra juga menghadiri acara gala diner.

Baca Juga :  Bantu Entaskan Kemiskinan Ekstrem, Pj Ketua TP PKK Bali Apresiasi Pelaksanaan Bakti Sosial Ngrombo

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, DR. Soni Sumarsono dalam sambutannya mengatakan, misi kitahanya satu yakni menyelesaikan kepemerintahan dengan baik, apa yang belum sempurna hendaknyalah disempurnakan. Selain itu, konsep kenegaraan harus bisa hadir dalam kepemerintahan pada layanan publik, berikanlah pelayanan yang luar biasa kepada rakyat sesuai dengan konsep nawacita yang dicanangkan oleh Bapak Presiden.

Dengan adanya pengembangan smart city atau kota cerdas yang berbasis teknklogi, rakyat tidak perlu datang ke kantor, cukup dengan handphone semua jenis pelayanan bagi publik di pemerintahan bisa diakses.

Menurut Somarsono semua kekuranggan dipelayanan publik tidak boleh dihentikan, namun harus tetap dijalankan dan menjadi komitmen kita bersama. Pada bulan Agustus mendatang, Sumarsono mengharapkan semua Kabupaten/Kota telah menyelesaikan Perda tentang Organisasi Perangkat Daerah yang merupakan tindak lanjut dari PP Nomor 18 tahun 2016.

“Apapun rekomendasi dari Munas ini kami akan menindaklanjutinya, dan bagi daerah-daerah yang menyelenggarakan program inovasidaerah, Pemerintah Pusat akan memberikan reward kepada Bupati/Walikota terbaik,” kata Sumarsono.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Tinjau Safari Kesehatan dan Donor Darah Serangkaian HUT Tagana Denpasar

Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Walikota Manado, Vicky Lumentut mengatakan Munas ini merupakan sebuah forum untuk menyamakan gerak dan langkah dalam menghadapi perubahan paradigma dalam tata pemerintahan serta mengevaluasi kebijakan empat tahunyang sekaligus menentukan kebijakan empat tahun yang akan datang. “Forum ini merupakan forum yang sangat strategis bagi seluruh anggota APEKSI, selain itu forum ini juga dapat dimanfaatkan untuk menyempurnakan tupoksi organisasi  dan menyusun rekomendasi terhadap pemerintah dan keputusan lain sesuai dengan AD/ART APEKSI,” jelasnya.

Sementara Walikota Rai Mantra didampingi Kabag Pemerintahan Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Juli Artabrata yang di temui di sela-sela pembukaan APEKSI mengatakan bahwa  APEKSI ini diharapkan dapat sebagai media untukberkomunikasi antar kota dalam melaksanakan program pembangunan daerah.

Demikian juga masalah-masalah yang dialami pada masing-masing pemerintah kota bisa di diskusikan melalui forum APEKSI ini yang mana nantinya bisa dijadikan rekomendasi untuk kemudian disampaikan kepada pemerintahpusat. “Semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan dapat menciptakan kerjasama yang baik antar daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta dapat mempercepat pelaksanaan otonomi daerah,” pungkas Rai Mantra.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News