BALI-PORTAL-NEWS.COM Piodalan di Padmasana Kantor Disdikpora Kota Denpasar bertepatan dengan rahina Purnama sasih Kasa, Selasa (19/7/2016), berlangsung khusyuk. Upacara dipuput Ida Pedanda Gede Putra Carik dari Griya Yangbatu Kangin Denpasar.

Pada perayaan piodalan tersebut dihadiri seluruh pejabat dan staf di lingkungan Disdikpora Kota Denpasar, termasuk UPT Dikpora Kecamatan, UPT SKB Dikpora Kota Denpasar, UPT Rumah Pintar serta kepala SMP, SMA/SMK se-Kota Denpasar.

Sebelum persembahyangan dimulai, upacara diisi dengan tetabuhan, kekidung, dan tari Rejang Dewa sebagai persembahan piodalan yang diselenggarakan setiap setahun sekali. Tetabuhan dan tari wali ini dipersembahkan sebagai makna untuk menghaturkan terima kasih ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa, karena berkat rahmat beliaulah semuanya dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Tari Rejang Dewa yang diiringi tetabuhan Semar Pegulingan merupakan persembahan siswa SMKN 5 Denpasar. ‘’SMKN 5 Denpasar selalu siap ngayah ngigel dan magambel jika umat menghendaki. Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan umat terhadap SMKN 5 Denpasar selama ini,’’ ujar Kepala SMKN 5 Denpasar, Ketut Sumerta.

Sementara Kabid Bina Program Disdikpora Kota Denpasar, Made Merta, mengungkapkan, persembahyangan bersama dalam rangka piodalan ini memberi kesempatan kepada para pegawai untuk lebih mendekatkan diri dengan sang pencipta. Melalui persembahyangan bersama ini diharapkan srada bhakti para pegawai pada Hyang Widhi makin meningkat sebagai bekal untuk melaksanakan kewajiban sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

Selain itu, ritual tahunan ini hendaknya menjadi ajang untuk meningkatkan semangat kekeluargaan di kalangan PNS dan tenaga kontrak. Suasana kekeluargaan sangat kental terasa di akhir persembahyangan. Para PNS, mulai dari pejabat hingga staf serta tenaga kontrak ngelungsur gebogan.

Penulis : Putu Tistha
Editor : Putu Tistha