Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bernapaskan budaya dan pendidikan karakter kini menjadi model di banyak  sekolah. Seperti pelaksanaan MPLS di SMK PGRI 5 Denpasar.

Kepala SMK PGRI 5 Denpasar, Dra. Ni Ketut Nuka, mengatakan, MPLS lebih banyak diisi dengan pemberian informasi tentang sekolah. Siswa baru yang berjumlah 730 siswa dari dua program keahlian yakni Akomodasi Perhotelan dan Tata Boga itu diberikan pendidikan budi pekerti, wawasan berbangsa dan bernegara, ceramah kebersihan lingkungan dan sebagainya. Ini bertujuan  untuk menempa disiplin, mental dan spiritual siswa.

Baca Juga :  Wali Kota Denpasar, Apresiasi Keterlibatan AMSI Bali Pada Pameran DTIK Festival 2024

Selain itu, MPLS berbudaya banyak diisi dengan informasi soal studi dan atraksi kesenian Bali. Ditegaskan, MPLS di SMK PGRI 5 Denpasar jauh dari kesan perploncoan dan kekerasan. Tidak ada hukuman mencari barang langka. Hukuman kepada peserta yang terlambat tetap diberikan namun sifatnya mendidik. Yang lebih penting lagi, siswa baru diajak ikut menjaga kebersihan Kota Denpasar lewat aksi bersih lingkungan dan PSN.

Siswa juga dikenalkan kegiatan ekstrakurikuler unggulan. Di antaranya untuk program Akomodasi Perhotelan dibuka ekstrakurikuler making bad dan florist, sedangkan di program keahlian Tata Boga dibuka ekstra fruit curving dan art coffee serta ekstrakurikuler juggling.

Baca Juga :  Hari Ini AHASS Siaga Plus di Negara Siap Layani Pemudik

Ketut Nuka didampingi Wakasek Kesiswaan AA Gede Agung Udiyana Putra, S.Pd.; Wakasek Kurikulum Tati Rachmawati; Wakasek Humas IB Nyoman Anom dan Wakasek Sarana Wayan Darya Kusuma, mengucapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan  masyarakat terhadap mutu pendidikan di SMK PGRI 5 Denpasar. Siswa baru, kata Ketut Nuka, selain banyak berasal dari SMP PGRI di Kota Denpasar, juga datang dari luar Kota Denpasar seperti dari Badung, Tabanan, Bangli, Karangasem bahkan Singaraja. (r/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News