Baliportalnews.com
Baliportalnews.com

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Setelah sebelumnya Kelurahan Penatih berhasil sebagai juara I Lomba kelurahan Tingkat Provinsi Bali, kini   Kelurahan Penatih menjadi duta Bali di tingkat Nasional  di nilai oleh Tim Pusat Nasional karena sudah masuk nominasi empat besar evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan Regional II Jawa-bali tahun 2016, Kamis (28/7/2016) di Wantilan Desa pakraman Penatih.

Dimana Tim Nasional Tingkat Regional II Jawa-Bali yang dipimpin Valentinus  Sudarjanto ini diterima dan disambut langsung oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara di dampingi Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede dan Asisten Administrasi Pembangunan Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta dan segenap pipimpinan SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Baca Juga :  Bentuk Pengendara Motor yang Baik, Astra Motor Bali Ajak Kartini Muda Menjadi Generasi #Cari_Aman

Dihadapan Tim Penilai Tingkat Nasional Walikota Denpasar IB. Rai Mantra dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta mengatakan Desa dan Kelurahan merupakan penyelenggara pemerintahan dan pelayanan publik yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat, dimana seluruh kegiatan Pemerintahan Kota berlangsung di Kelurahan yang berkolerasi dengan percepatan perkembangan kelurahan dalam bidang pemberdayaan dan partisipasi masyarakat.

Sejalan dengan itu, Kota Denpasar secara kontinyu mengadakan evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan, dengan maksud untuk menjalankan kewajiban Kota Denpasar dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Desa dan Kelurahan.

Selain itu juga untuk menguatkan partisipasi masyarakat, kerjasama dan kemandirian masyarakat yang dilandasi dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat di bidang ekonomi sosial budaya dan kesehatan masyarakat. “Saya sangat mengapresiasi Kelurahan Penatih masuk nominasi empat besar evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan Regional II Jawa-bali tahun 2016. Ini merupakan wujud keberhasilan pemerintah Kelurahan Penatih serta warga masyarakat dalam meningkatkan seluruh aspek pembangunan, sarana dan parasaran kelurahan,” ungkapnya.

Sementara Ketua Tim Penilai Nasional Tingkat Regional II Jawa-Bali Valentinus Sudarjanto Sumito mengatakan, tugas tim disini untuk mengklarifikasi dan mencocokan kesesuaian antara jawaban, instrument, penilaian dan data yang telang dikirimkan kepada tim evaluasi dengan data real yang ada di lapangan.

Baca Juga :  TP PKK Kota Denpasar Bagikan Ratusan PMT Bagi Ibu Hamil dan Balita di Densel

Adapun penilaian lomba ini dilaksanakan dalam lima tahapan, yakni meliputi penilaian administrasi, klarifikasi lapangan, pemaparan hasil klarifikasi, pemaparan calon juara lomba, dan penetapann juara regional. “Dan saya harapkan Kelurahan Penatih tidak bangga sampai masuk empat besar evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan Regional II Jawa-Bali tahun 2016 saja, melainkan bisa terus maju sampai menjadi juara, dikarenakan Kelurahan Penatih ini memiliki banyak potensi disegala aspek bidang ekonomi sosial budaya dan kesehatan masyarakat,” ungkap Sudarjanto.

Lurah Penatih Wayan Herman yang ditemui mengaku lomba ini dijadikan motivasi untuk terus mengembangkan potensi yang ada diwilayahnya. “Keberhasilan suatu pemerintahan dan pembangunan tetap harus ada partisipasi dari masyarakat sehingga apa yang kita programkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News