Udang
Bupati Jembrana Hadiri Panen Udang Vaname Teknologi Terbaru. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba beserta jajaran Forkopinda dan DPRD Jembrana berkunjung ke BPBAP Situbondo untuk menyaksikan panen udang vaname berteknologi terbaru padat tebar tinggi, Sabtu (23/10/2021).

Teknologi budidaya udang yang disebut Ultra Intensive Aquagriculture Technology ini sedang dikembangkan di Millenial Shrimp Farm Situbondo dan juga di Lovina Bali. Selain itu saat ini sedang dibangun sebanyak 90 kolam berdiameter 30 meter di Jembrana.

Teknologi ini diciptakan oleh anak bangsa Dr. Joe dari Elon Research Center Lovina Bali bekerja sama dengn Dr. Wendi Tri Prabowo salah satu peneliti di BPBAP Situbondo.

Kelebihan teknologi ini dibanding teknologi yang sudah ada adalah kepadatan tebar mencapai 2000 ekor/m3. Dalam masa pemeliharaan 50 hari mencapai berat rata-rata 10 gram dengan produktivitas 80 ton/ha dan FCR 1.6

Baca Juga :  Enam Ranperda Disetujui Jadi Perda, Bupati Tamba : Bukti Sinergitas Eksekutif dan Legislatif

Tamba memberikan apresiasi atas inovasi teknologi budidaya udang vaname terbaru ini dan akan memberikan dukungan penuh untuk dikembangkan di Jembrana.

“Kami akan menjadikan Jembrana sebagai salah satu sentra produksi udang vaname di Indonesia, hal ini juga sesuai arahan Gubernur Bali yang memberi target 50% produksi udang Bali untuk Kabupaten Jembrana,” ungkap Tamba.

Sementara itu, Plt Kepala BPBAP Situbondo, Manijo menyampaikan bahwa pengembangan teknologi ini merupakan sebuah inovasi yang sangat bisa dikembangkan ke skala industri untuk menunjang capaian produksi nasional udang vaname.

“Kami akan terus berupaya dan bermitra dengan berbagai kalangan untuk sama sama memajukan teknologi budidaya air payau dan laut khususnya udang vaname di BPBAP Situbondo,” ungkap Manijo.

Menurut pencipta teknologi Ultra Intensive Aquagriculture Technology, Dr. Joe bahwa salah satu daerah yang cocok untuk menerapkan teknologi ini adalah di Jembrana.

“Kondisi perairan laut di Jembrana sangat cocok untuk teknologi ini, perairan lautnya sangat bagus karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, airnnya masih bersih dan kandungan mineral dan seluruh parameter kualitas air terpenuhi,” katanya.

Baca Juga :  OJK Bali Beri Edukasi Keuangan Kepada 1.000 UMKM di Kabupaten Jembrana 2024

Pada kesempatan ini Bupati Tamba dan Manijo memberikan sertifikat pelatihan kepada 25 orang milenial dari Jembrana yang telah selesai menjalani diklat di Tambak Milenial BPBAP Situbondo selama dua bulan. Selanjutnya mereka akan kembali ke Jembrana untuk menjalankan proses produksi di tambak yang saat ini sedang proses pembangunan di Desa Banyu Biru Jembrana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News