Pentas Kreasi dan Seni Budaya
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara resmi mebuka Pentas Kreasi dan Seni Budaya SDN 17 Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Utara, yang di tandai dengan Pemukulan Gong serta pelepasan balon ke udara, Sabtu (15/6/2024) di halaman sekolah setempat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara resmi mebuka Pentas Kreasi dan Seni Budaya SDN 17 Dauh Puri, Kecamatan Denpasar Utara, yang di tandai dengan Pemukulan Gong serta pelepasan balon ke udara, Sabtu (15/6/2024) di halaman sekolah setempat.

Dalam kegiatan tersebut, tampak siswa SDN 17 Dauh Puri mengisi acara pentas seni dengan berbagai kegiatan budaya. Dari menari Bali, Tarian Nusantara, bernyanyi, menabuh, serta bermain musik. Penampilan anak-anak SDN 17 Dauh Puri di bawah asuhan para guru-guru membuat Wawali Arya Wibawa dan para orang tua berdecak kagum. Selain pementasan seni budaya juga berlangsung kegiatan bazar, stand pameran masing-masing kelas, pementasan puisi, drama, dan atraksi beladiri hingga berbagai pementasan seni lainnnya.

Baca Juga :  Sanggar Seni Majalanggu, Duta Kabupaten Badung Tampilkan “Arja Cupak” dalam Pergelaran Revitalisasi Kesenian Klasik

Wakil Wali Kota, Arya Wibawa saat ditemui disela-sela kegiatan mengatakan, karakter dan kreativitas harus dimulai dari kegiatan seni dan budaya sejak dini. Seperti pelaksanaan pentas kreasi dan seni budaya yang dilaksanakan SDN 17 Dauh Puri dapat terlaksana berkesinambungan yang memberikan kebermanfaatan kepada anak didik.

Di samping itu, Arya Wibawa juga menyampaikan, pendidikan saat ini dipengaruhi oleh 3 faktor. Yakni pendidikan di lingkungan sekolah, pendidikan lingkungan keluarga, dan pendidikan di luar lingkungan sekolah. Untuk itu, jika sudah mempunyai landasan tradisi budaya yang kuat maka akan memiliki karakter yang baik dan andal.

Baca Juga :  Kota Denpasar Jadi Tuan Rumah Forum Smart City Tahun 2024, Wawali Arya Wibawa: Jadi Wahana Kolaborasi dan Tukar Inovasi Bangun Smart City Berkelanjutan

“Saya sangat mendukung kegiatan ini, serta mengharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan pihak sekolah. Mengingat seni budaya dalam menghadapi tantangan akibat kemajuan iptek dan era globalisasi memiliki peran penting dalam mempertahankan karakter dan identitas budaya,” ujar Wawali Arya Wibawa.

Sementara Kepala SDN 17 Dauh Puri Denpasar, I Dewa Ketut Artana menjelaskan, kegiatan Pentas Kreasi dan Seni Budaya ini merupakan rangkaian kegiatan penamatan siswa kelas 6 ke jenjang pendidikan selanjutnya. Kegiatan ini telah menjadi tradisi di SDN 17 Dauh Puri pada setiap akhir tahun pelajaran.

Pelaksanaan pentas kreasi siswa tahun ini merupakan tahun kedua dengan model penamatan dirangkaikan dalam pameran gelar karya bersama siswa-siswi yang berlangsung selama dua hari, dari tanggal 14-15 Juni 2024. Hal ini juga sebagai komitmen SDN 17 Dauh Puri dalam mengiplementasikan kurikulum merdeka.

“Saya mengucapkan terimakasih atas kehadiran bapak Wakil Wali Kota Denpasar yang sekaligus membuka kegiatan ini serta mensuport langsung para siswa-siswi di sekolah kami,” katanya.

Selebihnya Dewa Artana berharap siswa terus menggali dan mengasah potensi diri yang dimiliki, karena Ia meyakini masih banyak potensi yang belum tergali.

“Asahlah keterampilan seluas mungkin, tambahlah pengetahuan sebanyak mungkin, gunakan waktu sebaik mungkin,” pesan Dewa Artana.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News