Karya Pemelaspasan
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadiri pelaksanaan Karya Pemelaspasan Bale Wantilan Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian, Minggu (23/6/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara hadiri pelaksanaan Karya Pemelaspasan Bale Wantilan Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian, Minggu sore (23/6/2024).

Pelaksanaan upacara ini, karena telah rampungnya perbaikan Bale Wantilan Pura Dalem Srogsogan, dan kehadiran Wali Kota Jaya Negara yang juga berkesempatan bertatap muka dengan masyarakat desa setempat serta meyerahkan punia.

“Pelaksanaan upacara keagamaan di Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian ini adalah salah satu bentuk meningkatkan sradha bhakti yang ada di setiap umat,” ujar Wali Kota Jaya Negara disela-sela pelaksanan Upacara Pemelaspasan.

Lebih lanjut Wali Kota Jaya Negara menyampaikan, apresiasi atas pelaksanaan Upacara Pemelaspasan yang dilaksanakan dari komunitas masyarakat seperti pengempon pura, dan melaksanakan secara Menyama Braya yang tidak terlepas dari semangat gotong-royong melalui Vasudhaiva Kutumbakam dalam penyelenggaraan upacara tersebut.

Baca Juga :  All New Honda BeAT Street Tampil Beda dengan Velg 12 Inci

“Dalam menjalankan fungsi pemberdayaannya, Pemkot Denpasar tidak terlepas dari sektor keagamaan. Hal lain yang musti kita apresiasi adalah kemandirian masyarakat untuk penyelenggaraannya, sehingga manfaat upacara keagamaan yang dikenal dengan istilah Tri Guna Karya serta Satwika Karya dapat kita peroleh dengan baik,” kata Jaya Negara.

Wali Kota Jaya Negara juga mengharapkan, setelah dilaksanakannya Upacara Pemelaspasan Bale Wantilan di Pura Dalem Srogsogan, Desa Adat Padangsambian ini seluruh umat terutama penyungsung dan pengempon dapat terus meningkatkan sradha dan bhakti ke hadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa.

Baca Juga :  Satpol PP Denpasar Kembali Tertibkan Pedagang Kaki Lima di Trotoar dan Badan Jalan

“Tentu pelaksanaan Yadnya ini sebagai sarana peningkatan nilai spiritual sebagai umat beragama. Kami berharap kedepan, upacara Yadnya ini dapat memberikan energi positif yang juga dapat mendorong hal-hal baik bagi umat, serta menetralisir hal- hal negatif di lingkungan desa setempat,” katanya.

Sementara Manggala Karya, I Nyoman Sukasada mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar, terutama Wali Kota Denpasar yang telah berkenan hadir dan memberikan stimulannya.

“Kami pemgempon Pura Dalem Srogsogan sangat berterima kasih dengan hadirnya Bapak Wali Kota Denpasar, yang juga sekaligus memberikan dukungan kepada kami  dalam proses pembuatan bale wantilan ini. Dengan berlangsungnya upacara ini, harapan kami kedepannya dapat bersama-sama masyarakat, bahwa semua tempat yang kita sucikan itu harus dan wajib dijaga, baik keindahan maupun kebersihannya,” katanya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News