Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Pohon
Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana Ikuti Aksi Bersih Pantai dan Penanaman Pohon, Serangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan di Pantai Padang Galak, Desa Kesiman Petilan Denpasar, pada Jumat (7/6/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkot Denpasar melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar mengelar aksi bersih pantai dan penanaman pohon yang digelar di sepanjang Pantai Padang Galak, Desa Kesiman Petilan Denpasar, Jumat (7/6/2024). Pelaksanaan kegiatan tersebut dibuka langsung Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana didampingi Kadis DLHK Kota Denpasar, I.B Putra Wirabawa yang ditandai dengan simbolis penyerahan bibit pohon kelapa dan pohon cemara kepada perwakilan Bendesa Adat Kesiman.

Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih pantai ini sebagai bentuk kepedulian dan rasa cinta terhadap lingkungan sekitar. Adapun kegiatan kali ini mengambil tema “Penyelesaian Krisis Iklim Dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan”. Sehingga secara berkelanjutan diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Baca Juga :  Berjualan di Atas Trotoar, Satpol PP Denpasar Tertibkan Pedagang Kaki Lima

Lebih lanjut Alit Wiradana mengatakan, bahwa selain aksi bersih pantai, dalam kegiatan ini juga diisi dengan penanaman pohon pinggir pantai. Dimana, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi contoh perilaku baik diri sendiri dan masyarakat sekitar untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan pantai dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bersama ini bisa merubah perilaku kita termasuk perilaku masyarakat disekitar. Dan kami berharap semoga apa yang dilaksanakan pada hari ini, kelak kedepannya dapat berlanjut untuk dapat menjaga dan merawat lingkungan pantai ini tetap bersih dan hijau,” ungkap Sekda Alit Wiradana.

Baca Juga :  Gerindra Bali Bagikan 75 Kambing Kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 H

Sementara itu, Sekda Kota Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, I Wayan Tagel Sidarta menyampaikan aksi bersih-bersih lingkungan ini diikuti siswa-siswi SMP di Kota Denpasar dan seluruh OPD di lingkungan Pemkot Denpasar yang bersinergi dengan instansi terkait lainnya.

Lebih lanjut dikatakannya, serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini selain melakukan bersih pantai dan penanaman pohon pihaknya juga melakukan aksi pemulihan lahan di Pantai Biaung, sosialisasi Perda No. 8 Kota Denpasar Tahun 2023 tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat, uji emisi kendaraan, serta monev Perwali Kota Denpasar No. 36 Tahun 2018 tentang pengurangan sampah plastik.

Baca Juga :  Dukung Peningkatan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak, Sekda Alit Wiradana Resmikan RSIA Bali Royal

“Tentu kami berharap dengan pelaksanaan ini dapat menjadi momen penting dan dapat memberi contoh kepada masyarakat untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran, dan kepedulian secara konsisten dalam upaya menjaga lingkungan secara berkelanjutan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News