Yoga
Pembukaan Tirai Hari Yoga Internasional ke-10 di Nusa Dua. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA – Konsulat Jenderal India dan Pusat Kebudayaan Swami Vivekananda Bali bekerja sama dengan The Nusa Dua, ITDC, menyelenggarakan Acara Pembukaan Tirai Hari Yoga Internasional ke-10 pada tanggal 14 Juni 2024 di Pulau Nusa Dharma, Nusa Dua. Dengan tema ‘Yoga untuk Pemberdayaan Perempuan’, acara ini dihadiri oleh lebih dari 400 peserta yang terdiri dari pejabat pemerintah, komunitas India, penggiat yoga, personel media, akademisi, dan tokoh bisnis.

Yoga adalah tradisi berusia lima ribu tahun dari India kuno yang menggabungkan upaya fisik, mental, dan spiritual untuk mencapai keselarasan tubuh dan pikiran. Di masa penuh tantangan ini, Yoga menjadi solusi yang dapat menciptakan keharmonisan global melalui transformasi individu, membantu mengatasi keterbatasan diri, serta membawa individu menuju kehidupan yang lebih gembira, bersemangat, sadar, dan produktif.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Cek Kesehatan Daging Kurban Saat Idul Adha 1445 Hijriah, Pastikan Layak Konsumsi

Acara dibuka dengan sambutan dari Konjen Dr. Shashank Vikram yang mengucapkan selamat datang kepada para peserta. Beliau menyatakan bahwa acara Pembukaan Tirai ini dilakukan seminggu sebelum perayaan utama Hari Yoga Internasional ke-10. Tahun ini, Hari Yoga Internasional dirayakan lebih besar oleh Konsulat Jenderal India di Bali, dengan lebih dari 30 acara Yoga yang telah diselenggarakan di berbagai wilayah Provinsi Bali termasuk Kabupaten Badung, Tabanan, Gianyar, Klungkung, Karangasem, Bangli, Jembrana, Buleleng, dan Kota Denpasar.

Dalam sambutannya, Direktur Pengembangan Bisnis ITDC, Ema Widiastuti, menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan-kegiatan kolaborasi yang memberikan semangat dan nilai bagi kawasan, seperti kegiatan yoga yang diminati sebagai gaya hidup wisatawan. Hal ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan India yang masuk 10 besar pasar The Nusa Dua.

Baca Juga :  Karya Mengagumkan Sekaa Gong Anak-anak Semara Winangun di PKB ke-46

Kegiatan wellness seperti yoga dan meditasi sejalan dengan pengembangan destinasi The Nusa Dua yang mengedepankan keberlanjutan dengan kegiatan pariwisata berkualitas. Yoga di alam terbuka dengan pemandangan yang menyatu dengan alam akan memberikan kesan mendalam serta suasana hati dan jiwa yang rileks bagi peserta.

Sesi Yoga dipandu oleh Direktur SVCC Bali, Naveen Meghwal, yang memandu sesi Yoga dan meditasi selama 45 menit, diikuti oleh Shanti Mantra sesuai standar Protokol Yoga Umum. Protokol ini adalah serangkaian posisi yoga yang dirancang agar orang awam dapat berlatih yoga dengan mudah.

Baca Juga :  WINGS Care Luncurkan SoSoft 2 in 1 Detergen Tumbuhan dengan Softener Alami Aloe Vera

Acara diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada tujuh perempuan dari berbagai komunitas yoga yang telah berkontribusi lebih dari 5 tahun di bidang Yoga, mengelola studio, dan mengajar yoga. Sajian khas India juga disuguhkan kepada seluruh peserta, yang sambil menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam dari Pulau Nusa Dharma.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News