Digital Hub Collaboration Roadshow
Peluncuran Digital Hub Collaboration Roadshow di Bali, Dukung Keberlanjutan dengan Adopsi Teknologi Digital. Sumber Foto : tis/bpn

BALIPORTALNEWSW.COM, SANUR – Digital Hub Collaboration Roadshow, yang diselenggarakan oleh UK-Indonesia Tech Hub berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI), Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, MARKAS, dan Instellar, sukses diluncurkan di MARKAS Bali pada Jumat (21/6/2024). Acara ini mengusung tema ‘Digital Adoption for Green and Climate Sustainability: Paving the Way to a Sustainable Future’.

Peluncuran Digital Hub Collaboration Roadshow dihadiri oleh puluhan anak muda yang antusias untuk belajar dan berpartisipasi dalam diskusi mengenai adopsi digital untuk keberlanjutan. Mereka berkumpul untuk mendengarkan para pembicara ahli yang membagikan wawasan dan pengalaman mereka tentang bagaimana teknologi digital dapat digunakan untuk mendorong keberlanjutan lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih hijau.

Baca Juga :  IKM Unggulan Kota Denpasar Ikuti Pameran Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 di Jakarta

MARKAS Bali, sebagai tuan rumah acara ini, juga memberikan kontribusi signifikan dengan menyediakan fasilitas dan ruang yang mendukung terciptanya suasana kolaboratif dan inspiratif.

Peluncuran tersebut menghadiri tiga panelis, yakni Kepala Bidang Teknologi Informatika, Diskominfos Provinsi Bali, I Gede Agus Ajarwa Tangkas; Co-Founder of Azura Indonesia, Nadea Nabila; serta ⁠Founder of BTI Energy, Erlangga Bayu.

Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI, Bonifasius Pudjianto mengatakan, peluncuran ini untuk mendukung tumbuh berkembangnya para entrepreneur berbasis digital yang memanfaatkan teknologi untuk membangun digital ekonominya.

“Saat ini fokusnya untuk green technology dan climate sustainability,” tambah Boni.

Boni berharap anak-anak muda Bali banyak yang bergabung ke program ini walaupun pesertanya dibatasi, nanti akan dikurasi menjadi 30 orang. Program ini bertujuan membangun Bali yang lebih baik dan lebih hijau.

“Selain jadi ikon pariwisata, di masa depan Bali akan menjadi melting pot industri digital atau industri kreatif. Bali menjadi tempat bertemunya para founder dan innovator dari seluruh dunia,” tutup Boni.

Sementara itu, Enterprise Development Lead Instellar, Divika menjelaskan, digital hub program ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem digital yang di Jawa Timur dan Bali.

“Kegiatan ini memiliki dua program, yang pertama digital talent development yang diperuntukkan untuk digital talent baik dari mahasiswa, profesional hingga expert di bidang teknologi. Selanjutnya yang kedua adalah inkubasi yang dikhususkan green tech sector untuk memperkuat ide-ide yang sudah berjalan agar sustainable,” jelas Divika.

Baca Juga :  Seluruh Desa di Kota Denpasar Telah Gunakan Layanan Aplikasi Siskuedes, Belanja Desa Dapat Dilaksanakan Secara Non Tunai
Digital Hub Collaboration Roadshow
Direktur Ekonomi Digital Kominfo RI, Bonifasius Pudjianto. Sumber Foto : tis/bpn

Acara peluncuran tersebut dihadiri juga Ketua Tim Pengembangan Ekosistem Startup Digital Kominfo RI, ⁠Sonny Hendra Sudaryana; Perencana Ahli Pertama Bappenas, Andreas Bondan Satriadi, ST., M.Sc.; UK – Indonesia Tech Hub Director (Kedutaan Inggris Jakarta), Rachmalia Nikijuluw; dan Bekraf Denpasar, Dr. Ras Amanda.

Digital Hub Collaboration Roadshow ini dapat menjadi katalisator untuk lebih banyak inisiatif serupa di masa depan, mendorong lebih banyak anak muda untuk terlibat dalam proyek-proyek digital yang berfokus pada keberlanjutan dan lingkungan. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, acara ini berhasil menunjukkan bahwa masa depan yang berkelanjutan bisa dicapai melalui adopsi teknologi digital yang tepat.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News