Kejari Damai
Kasus Pencurian HP di Kos-Kosan Karangasem Berakhir Damai. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Kasus pencurian handphone (HP) yang terjadi di sebuah kos-kosan di Banjar Dinas Bangbang Biaung, Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, akhirnya mencapai penyelesaian damai.

Kesepakatan damai ini dicapai setelah Kejaksaan Negeri (Kejari) Karangasem yang menangani kasus tersebut, beberapa kali memediasi pertemuan antara korban, I Gusti Agung Hedi, dan pelaku, I Kadek Sudiarta.

Pada Jumat (14/6/2024), Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Karangasem, I Komang Ugra Jagiwirata, mengungkapkan bahwa Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (JAMPIDUM) telah menyetujui pengajuan Restorative Justice (RJ) yang diajukan oleh Kejari Karangasem untuk kasus tersebut dengan tersangka I Kadek Sudiarta.

“Melalui presentasi virtual yang dilakukan oleh Jaksa yang menangani kasus ini, bersama Kasipidum, pengajuan RJ telah disetujui oleh JAMPIDUM,” ujar Ugra.

Baca Juga :  Minim Pelamar, Job Fair Karangasem Sediakan 2.281 Lowongan Kerja

Ugra menjelaskan bahwa salah satu pertimbangan utama dalam pengajuan RJ ini adalah karena tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, telah mengakui perbuatannya, dan berjanji tidak akan mengulanginya. Selain itu, tersangka juga masih harus menghidupi tiga anak perempuannya yang masih bersekolah.

“Dengan adanya RJ ini, Kejaksaan Negeri Karangasem melaksanakan arahan sesuai dengan perintah Jaksa Agung bahwa hukum harus tajam ke atas dan humanis ke bawah,” tambah Ugra.

Dalam kasus ini, tersangka mencuri handphone merk Vivo tipe Y33S milik korban, I Gusti Agung Hedi. Korban adalah pemilik kos, sementara tersangka juga tinggal di sana. Akibat tindakan tersangka, korban mengalami kerugian sekitar Rp3,1 juta sesuai dengan nota pembelian handphone tersebut.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News