Banjir
Hujan Deras, Puluhan Rumah di BTN Sengkidu Terendam Banjir. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Karangasem pada Jumat (7/6/2024) menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir di berbagai lokasi. Salah satu daerah yang terdampak adalah BTN Teman Intan Sengkidu di Kecamatan Manggis.

Puluhan rumah di perumahan tersebut terendam banjir akibat intensitas hujan yang tinggi. Camat Manggis, Putu Eka Putra Tirtana, mengonfirmasi kejadian ini.

“Ya benar, banjir terjadi di BTN Teman Intan Sengkidu. Saya sudah menerima laporan, namun belum bisa ke lokasi karena terjebak kemacetan di jalur Sanghyang Ambu,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, air mulai menggenangi perumahan sekitar pukul 06.00 WITA. Ketinggian air mencapai sekitar 60 cm, mengakibatkan halaman rumah warga terendam. Banjir juga masuk ke dalam rumah, merusak kasur, lemari, dan peralatan lainnya. Menjelang siang, air mulai surut dan warga mulai membersihkan sisa material banjir dari rumah mereka.

Baca Juga :  Sumardi, Suwadi, dan Gus Par Berebut Rekomendasi Golkar

Warga berharap agar hujan segera mereda sehingga air tidak kembali naik. Di BTN Teman Intan Sengkidu, setidaknya ada sekitar 20 kepala keluarga yang rumahnya terdampak banjir. Banjir kali ini merupakan yang ketiga kalinya terjadi di tempat tersebut, namun menurut warga, banjir kali ini adalah yang paling parah dibandingkan sebelumnya.

“Mudah-mudahan hujan segera berhenti agar tidak terjadi banjir lagi,” harap salah satu warga.

Pemerintah Kabupaten Karangasem diharapkan dapat memberikan bantuan dan solusi jangka panjang untuk mengatasi masalah banjir di wilayah ini, mengingat kejadian ini sudah berulang kali terjadi.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News